Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Saham William Tak Pengaruhi Target Profitabilitas GOTO

Muhammad Fikri
19 December 2023 14:12

Chairman Tokopedia dan Eks CEO William Tanuwijaya. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Chairman Tokopedia dan Eks CEO William Tanuwijaya. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penjualan saham milik pendiri dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), termasuk William Tanuwijaya disebutkan analis Bloomberg tidak mempengaruhi rencana pencapaian kinerja positif perusahaan pada kuartal keempat 2024.

Nathan Naidu, analis dari Bloomberg Intelligence menyatakan keyakinannya bahwa target laba sebelum beban bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) positif dalam waktu dekat akan tercapai. Hal ini didasarkan atas peningkatan tujuh kali secara berturut-turut atas kinerja keuangan pada kuartal ketiga.

GOTO juga dalam tren pengurangan biaya, termasuk pemangkasan karyawan lewat pemutusan hubungan kerja (PHK) dan ongkos pemasaran. “Penjualan saham salah satu pendiri GOTO tidak berpengaruh terhadap target perusahaan untuk mencapai titik impas di kuartal keempat,” jelas Nathan dalam laporan terbarunya, dikutip Selasa (19/12/2023).

Adjusted EBITDA adalah laba sebelum beban bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) disesuaikan dengan mengecualikan hitungan dari pendapatan yang tidak berkelanjutan (non-recurring), tidak biasa, dan hanya satu waktu. 

Hitungan adjusted EBITDA lumrah digunakan untuk membandingkan beberapa perusahaan yang bisnisnya beragam tetapi berada di industri yang sama.