Logo Bloomberg Technoz

Ada Vaksin Baru yang Ditambah pada Jadwal Imunisasi Dewasa

Dinda Decembria
19 December 2023 09:00

Vaksin yang disuntikan untuk masyarakat. Fotografer: Noriko Hayashi/Bloomberg
Vaksin yang disuntikan untuk masyarakat. Fotografer: Noriko Hayashi/Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) terus melakukan pembaharuan rekomendasi imunisasi untuk dewasa.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) DR. dr Sally Aman Nasution, SpPD, K-KV, FINASIM, FACP mengatakan terdapat enam perubahan rekomendasi jadwal imuninasi dewasa yaitu vaksin PCV-13, vaksin PPV-23, vaksin Meningitis, vaksin Dangue, vaksin Polio (IPV) dan vaksin Covid-19.

“Tambahan rekomendasi vaksinasi dewasa adalah bagian komitmen PAPDI untuk meningkatkan perlindungan bagi masyarakat usia dewasa dari penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi,” ujar Sally kepada wartawan.

Sally juga mengatakan pada 2023 ini juga ditambahkan rekomendasi satu dosis vaksin meningitis untuk jemaah haji. Yang sebelumnya yaitu pada 2021 belum tercantum pada jadwal.

Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, Sp.PD-KAI, FINASIM, Penasihat Satgas Imunisasi Dewasa, menambahkan orang dewasa perlu selalu memperbarui vaksinasi mereka karena mungkin belum melengkapi vaksinasi pada masa anak-anak, serta kekebalan dari vaksin pada masa kanak-kanak dapat hilang seiring berjalannya waktu.