Logo Bloomberg Technoz

Menkes: Vaksin Covid Berbayar Tahun Depan, Harga Ratusan Ribu

Septiana Ledysia
18 December 2023 17:55

Komisi IX DPR RI Rapat Kerja dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Tangkapan Layar TV Parlemen via Youtube DPR RI)
Komisi IX DPR RI Rapat Kerja dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Tangkapan Layar TV Parlemen via Youtube DPR RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah memastikan rencana Vaksin Covid-19 berbayar pada tahun depan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut harga rata-rata vaksin berkisar ratusan ribu.

“Batas harganya masih diperbincangkan nanti mau kita yang atur atau dilepas ke pasar, nanti masyarakat punya pilihan. Kurang lebih ratusan ribu lah. Yang pasti gak semahal HPV lah ratusan ribu lah,” kata Menteri Budi kepada wartawan di Jakarta Pusat, Senin (18/11/2023).

Seperti diketahui, batas akhir waktu vaksin Covid-19 yang digratiskan itu sampai 31 Desember 2023. Untuk itu masyarakat untuk segera melakukan booster bagi yang belum.

“Rencananya tahun depan klinik swasta ataupun rumah sakit bisa memberikan vaksin sendiri. Kita akan gratiskan bagi masyarakat miskin yang mengikuti program PBI-nya BPJS,” tambah menkes Budi.

Menkes Budi juga mengatakan, meningkatnya kasus Covid-19 di RI karena pelaku perjalanan dari luar negeri yang didera angka Covid-19 sedang tinggi.