Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham Eropa Ikut Merosot Dipicu Komentar Pejabat The Fed

News
18 December 2023 16:52

Bursa Eropa (Dok. Bloomberg)
Bursa Eropa (Dok. Bloomberg)

Pearl Liu dan Alex Nicholson - Bloomberg News

Bloomberg, Bursa saham Eropa dibuka merosot, mengikuti sesi yang lemah di Asia setelah para pejabat Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed) menolak spekulasi penurunan suku bunga yang agresif tahun depan.

Indeks Stoxx Erupe 600 turun 0,4%, sementara saham-saham berjangka AS naik tipis. Indeks MSCI Asia Pasifik turun sebanyak 1,1%, yang merupakan penurunan terbesar sejak 5 Desember.

Penurunan kali ini mungkin mulai meredupkan 'reli segalanya' setelah para trader menganggap sinyal-sinyal sebelumnya dari The Fed merupakan lampu hijau untuk meningkatkan spekulasi penurunan suku bunga tahun depan, yang membantu saham AS mencatatkan kenaikan mingguan terbesar dalam sebulan.

Para gubernur bank sentral dari AS hingga Eropa dan Kanada telah memulai pertarungan mereka dengan para trader. Presiden The Fed Atlanta Raphael Bostic, yang memberikan suara pada kebijakan moneter tahun depan, mengatakan kepada Reuters bahwa dia memperkirakan dua penurunan suku bunga pada tahun 2024, tetapi tidak akan dimulai sampai kuartal ketiga. 

Grafik dolar. (Sumber: Bloomberg)