Logo Bloomberg Technoz

Uni Eropa akan Beri Sanksi Israel-Hamas Imbas Serangan Tepi Barat

News
12 December 2023 08:20

Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)
Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)

Natalia Drozdiak - Bloomberg News

Bloomberg, Uni Eropa (UE) sedang mempertimbangkan memberi hukuman terhadap para pemimpin Hamas dan pemukim Israel sebagai respons terhadap kekerasan yang terjadi imbas perang Israel-Hamas. Kedua usulan tersebut sedang dibahas oleh para menteri luar negeri Uni Eropa di Brussels pada Senin (11/12/2023).

Josep Borrell, Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan, bahwa lembaganya sedang mengerjakan proposal untuk memberikan sanksi kepada penduduk Israel ekstremis dan akan segera mengajukannya ke negara-negara anggota. Langkah ini mendapat dukungan awal dari negara-negara termasuk Belgia dan Slovenia.

Menurut seorang pejabat senior Uni Eropa, sanksi yang diusulkan terhadap para pemukim Israel, yang masih dalam diskusi awal dan bertujuan untuk mengatasi kekerasan terhadap para pemukim di Tepi Barat. Ini dapat mencakup larangan perjalanan, pembekuan aset, dan larangan impor produk yang dibuat oleh para pemukim. Langkah-langkah tersebut akan sejalan dengan sanksi yang telah diambil oleh AS.

Selain kehancuran di Gaza, Borell mengatakan Uni Eropa juga prihatin dengan kekerasan di Tepi Barat yang dilakukan oleh para pemukim ekstremis dan persetujuan dari pemerintah Israel untuk memperluas pemukiman tersebut.