Logo Bloomberg Technoz

Tak Biasa, Harga Minyak Arab Arab Ambles Dipicu Oleh China

News
18 December 2023 14:45

Ilustrasi harga minyak dunia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi harga minyak dunia. (Dok: Bloomberg)

Sharon Cho - Bloomberg News

Bloomberg, Biasanya harga minyak dari Arab Saudi cukup kuat menghapadi tekanan fluktuasi harga. Namun sekarang harganya mengalami kejatuhan. 

Para trader mengatakan minyak yang disebut sebagai minyak mentah jenis medium sour dari Timur Tengah anjlok mengacu pada patokan harga Dubai di wilayah tersebut karena permintaan China yang tidak terlalu tinggi dan lonjakan suplai yang cepat. Pekan lalu, minyak di kelas Al-Shaheen Qatar diperdagangkan dengan harga diskon terhadap patokan untuk pertama kalinya sejak Oktober 2020, sementara harga minyak Oman juga turun.

Minyak mentah dengan kepadatan sedang dengan kandungan sulfur tinggi ini telah diperkuat pada tahun lalu dari pemangkasan produksi Saudi yang berkepanjangan dan margin diesel yang kuat. 

Permintaan mereka juga telah diperkuat oleh perusahaan penyulingan Asia, yang telah menikmati keuntungan yang lebih baik daripada rekan-rekan mereka di Eropa karena kondisi ekonomi yang tidak merata dan pertumbuhan konsumsi bahan bakar. Sudut pasar ini juga terhindar dari lonjakan produksi AS, yang sebagian besar lebih ringan dan berkualitas lebih baik.

Grafik harga minyak mentah Oman. (Sumber: Bloomberg)