Logo Bloomberg Technoz

Terimbas Komentar Hawkish The Fed, Harga Minyak Dunia Naik Tipis

News
16 December 2023 10:30

Ilustrasi harga minyak dunia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi harga minyak dunia. (Dok: Bloomberg)

Julia Fanzeres dan Mia Gindis - Bloomberg Technoz

Bloomberg, Harga Minyak Dunia mendapatkan sedikit kenaikan untuk pekan ini, usai penurunan beruntun selama tujuh minggu sejak akhir Oktober 2023. Harga West Texas Intermediate (WTI) sedikit berubah di atas US$71 per barel pada penutupan perdagangan, kemarin.

Harga minyak sebenarnya sempat naik cukup tinggi namun mengalami penurunan hingga 1,8% usai Presiden Fed New York John Williams berkomentar masih terlalu dini bagi para pejabat untuk memikirkan pemotongan suku bunga pada bulan Maret 2024. Akan tetapi, minyak kemudian memangkas kerugian tersebut untuk membukukan minggu positif pertamanya.

Sebelumnya, kabar tentang rencana pemangkasan suku bunga memang menguatkan harga minyak mentah. Terutama saat bos The Fed, Jerome Powell mengindikasikan bank sentral tersebut mengalihkan fokusnya dan akan memangkas biaya pinjaman karena inflasi terus turun.

Rebound yang baru terjadi itu membawa kontrak berjangka ke level terendah sejak Juni 2023. Lonjakan ekspor dari negara-negara non-OPEC, termasuk AS, dan kekhawatiran akan melemahnya permintaan menekan harga, sementara para pelaku pasar tetap skeptis apakah semua anggota OPEC akan mematuhi pemangkasan sukarela yang lebih dalam.