Logo Bloomberg Technoz

Taiwan: Dua Balon Udara China Melintasi Garis Pemisah Utama

News
18 December 2023 11:30

Balon mata-mata di AS yang dicurigai milik China (Sumber: Bloomberg)
Balon mata-mata di AS yang dicurigai milik China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Taiwan mengatakan bahwa dua balon cuaca milik China melintasi garis perbatasan di selat yang dibuat oleh Amerika Serikat beberapa dekade yang lalu untuk membantu meredakan ketegangan di antara kedua belah pihak.

Menurut Kementerian Pertahanan di Taipei dalam sebuah pernyataan, satu balon terlihat pada pukul 9:03 pagi Minggu (17/12/2023) dan yang lainnya pada pukul 2:43 siang. Balon-balon itu terus bergerak ke arah Timur dan menghilang.

Juru bicara kementerian, Sun Li-fang, mengatakan kepada para wartawan melalui media sosial pada Senin (18/12/2023) bahwa penilaian awal menemukan pesawat-pesawat tersebut digunakan untuk keperluan meteorologi.

AS menarik garis tengah di perairan yang memisahkan Taiwan dari China pada 1954 selama periode gesekan yang meningkat antara Beijing dan Taipei. China telah lama menahan diri untuk tidak melintasi garis tersebut, tetapi baru-baru ini telah meningkatkan penerbangan pesawat tempur melintasi garis tersebut, sebuah langkah yang melemahkan angkatan bersenjata Taiwan yang lebih kecil.

Mengenai balon mata-mata China di AS (Sumber: Tangkapan layar Twitter Dan Satterfield @wildweatherdan)