Logo Bloomberg Technoz

Jelang Nataru, PLN Pastikan Listrik Siaga Tanpa Byarpet

Mis Fransiska Dewi
17 December 2023 12:08

Pembangkit Listrik PLN (Dok web.pln.co.id)
Pembangkit Listrik PLN (Dok web.pln.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menjelang perayaan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT PLN (Persero) menerapkan masa siaga Nataru mulai 18 Desember 2023 - 7 Januari 2024. Artinya pasokan listrik pada periode itu akan lancar tanpa byarpet atau nyala dan mati berulang-ulang.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, selama masa siaga PLN menyiagakan 80.233 personil di 2.571 posko yang tersebar di seluruh Indonesia. PLN juga menyiagakan 130 tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) sebanyak 1.040 personil yang tersebar di setiap posko.

”Dipastikan saat perayaan Natal dan tahun baru tidak ada pemeliharaan, sehingga pasokan listrik insya Allah akan terus andal,” kata Darmawan dalam keterangan resmi dikutip Minggu (17/12/2023).

Darmawan memastikan sistem kelistrikan dalam kondisi prima untuk menyambut Nataru. Sebelumnya juga telah dilakukan upaya-upaya preventif dari hulu hingga hilir mulai dari kesiapan energi primer untuk pembangkit, keandalan pembangkit hingga jaringan transmisi, dan distribusi agar pasokan listrik terus andal.

Darmawan menambahkan, PLN telah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan stakeholders untuk mengamankan pasokan listrik di titik-titik prioritas selama perayaan Natal dan tahun baru.