Logo Bloomberg Technoz

Eks-Menteri Pertambangan Kuntoro Mangkusubroto Meninggal Dunia

Redaksi
17 December 2023 09:17

Kuntoro Mangkusubroto. (Tangkapan layar via itb.ac.id)
Kuntoro Mangkusubroto. (Tangkapan layar via itb.ac.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mantan Menteri Pertambangan dan Energi era Presiden Soeharto, Kuntoro Mangkusubroto meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kencana, Jakarta, pada Minggu (17/12/2023) dini hari, pukul 01.03 WIB .

"Telah meninggal dunia, Suami, Bapak, Eyang/PakDe kami tercinta, pada usia 76 tahun, Kuntoro Mangkusubroto bin Pitoyo Mangkusubroto," demikian tertulis dalam informasi yang beredar di grup WhatsApp Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Minggu (17/12/2023).

Menurut informasi, jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata sekitar pukul 13.00 WIB hari ini. Namun, sebelumnya, jenazah disemayamkan di rumah duka di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan.

Sejumlah tokoh bidang ekonomi memberikan ucapan belasungkawa di laman pribadi media sosialnya. Salah satunya, mantan Menteri Keuangan Chatib Basri mengaku sangat kehilangan seorang sahabat sekaligus senior. Dia menilai almarhum Kuntoro merupakan seorang pekerja keras dan memiliki integritas tinggi.

"Pagi ini saya kehilangan seorang sahabat. Senior saya :  Kuntoro Mangkusubroto. Seorang pekerja keras yang amat berdedikasi, dengan integritas yang tinggi. Seorang yang menolak — dalam istilah Paul Baran—  jadi “pekerja intelek”. Mas Kun, begitu saya memanggilnya, adalah tipe intelektual yang mengedepankan nilai dan intergitas. Mas Kun menjadi kawan diskusi dan banyak sekali memberikan inspirasi dan membantu saat saya berada di pemerintahan. Karyanya untuk Indonesia akan dicatat dalam sejarah. Selamat jalan Mas Kun! Selamat jalan sahabat," demikian tulis Chatib di akun X miliknya, Minggu (17/12/2023).