Logo Bloomberg Technoz

Menurut angka-angka pemerintah, investasi dalam pengembangan properti telah anjlok 9,4% sepanjang tahun ini. Kemerosotan harga rumah juga semakin dalam, dengan harga-harga di pasar sekunder turun paling banyak dalam sembilan tahun terakhir.

Saham-saham di bursa saham China menghapus kenaikan di sesi pagi dan diperdagangkan turun 0,3% pada pukul 14:20 WIB. Indeks Hang Seng China Enterprises Index memangkas kenaikan menjadi 2,3%.

Ekonomi China. (Dok: Bloomberg)

Pemerintahan Presiden Xi Jinping berada di bawah tekanan untuk meningkatkan langkah-langkah dukungan bagi perekonomian, seiring meningkatnya ekspektasi untuk mencapai target pertumbuhan yang ambisius pada tahun 2024. Pemulihan pasca-pandemi telah terhambat oleh krisis real estat yang berkepanjangan, sementara tekanan deflasi adalah tanda kepercayaan konsumen yang sangat lemah.

Data bulan lalu sepertinya tidak akan meyakinkan investor bahwa stimulus yang diberikan sepanjang tahun ini sudah cukup. Sebagai contoh, Hu, ekonom Macquarie, mengatakan bahwa penjualan ritel sebenarnya turun 1,9% bulan lalu dari Oktober secara berurutan, menurut perhitungannya. Hal ini dibandingkan dengan pertumbuhan dua digit dari tahun ke tahun dalam data resmi.

Louis Kuijs, kepala ekonom Asia Pasifik di S&P Global Ratings, memperkirakan pertumbuhan penjualan ritel, produksi industri, dan investasi aset tetap melemah secara keseluruhan pada November dari Oktober, jika dibandingkan dengan level pada 2019.

"Sangat sulit untuk melihat ekonomi tumbuh secara signifikan atau kepercayaan diri masyarakat meningkat secara signifikan," kata Kuijs. "Tampaknya masih banyak yang harus dilakukan, hanya dengan melihat betapa mengerikannya situasi saat ini."

Ekonomi China (Dok: Bloomberg)

Para analis mengatakan bahwa suntikan ini mengurangi kemungkinan pemangkasan jumlah uang yang harus dipegang oleh bank-bank, sebuah angka yang dikenal sebagai persyaratan rasio cadangan. Beberapa juga mempertanyakan apakah suntikan likuiditas ini akan mendukung perekonomian yang sedang berjuang melawan sentimen perusahaan dan konsumen yang suram.

Meningkatkan likuiditas tidaklah "cukup jika tidak ada kemauan untuk membelanjakan atau berinvestasi," tambah Kuijs.

Memastikan para pengembang yang berutang memberikan rumah-rumah kepada masyarakat--yang sering membeli properti sebelum dibangun--dan penurunan suku bunga KPR lebih lanjut untuk mendorong penjualan, adalah dua langkah yang dapat menstabilkan sektor ini. Pembelian baru dapat meringankan arus kas para pengembang dan mematahkan ekspektasi penurunan harga rumah.

Fokus saat ini adalah pada rencana Partai Komunis yang berkuasa untuk mendorong pertumbuhan di tahun 2024. Dalam dua pertemuan baru-baru ini mengenai kebijakan ekonomi tahun depan, para pemimpin tertinggi menekankan bahwa mereka akan mengupayakan "kemajuan" dan memperkuat kebijakan fiskal "secara tepat". Hal ini memicu ekspektasi bahwa para pemimpin tertinggi mungkin akan menetapkan target pertumbuhan ambisius sekitar 5% dan memperluas defisit anggaran lagi.

Namun, menurut Xing Zhaopeng, ahli strategi senior di Australia & New Zealand Banking Group, data November akan "cukup" untuk memastikan bahwa China memenuhi target resminya tahun ini.

"Sekarang, pertanyaan terbesar bagi pasar adalah target pertumbuhan tahun depan, yang akan diungkapkan pada Maret," katanya, memprediksi bahwa bank sentral China akan meningkatkan upaya-upaya untuk mengatasi "hambatan-hambatan."

(bbn)

No more pages