Logo Bloomberg Technoz

Daftar Bank dan Non-Bank yang Punya Fitur Baru QRIS

Mis Fransiska Dewi
14 December 2023 18:40

Pembeli melakukan pembayaran digital (QRIS) di Pasar Minggu, Kamis (11/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pembeli melakukan pembayaran digital (QRIS) di Pasar Minggu, Kamis (11/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saat ini, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) tidak hanya untuk pembayaran, tetapi juga bisa untuk tarik tunai, setor tunai, dan transfer. Fitur baru tersebut tersedia pada bank dan non-bank. 

Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Arya Rangga Yogasati merinci daftar bank dan non bank yang sudah terintegrasi pada fitur baru QRIS. Namun, terdapat beberapa layanan yang masih dalam tahap pengembangan seperti Doku dan Shopeepay. 

"Ini penyelenggara penyedia jasa sebagian juga sudah meluncurkan, sebagian masih dalam tahap proses. Jadi yang dalam pengembangan ini, persiapan sistemnya bisa dibilang sekitar 50% sampai 70%," kata Rangga dalam acara sosialisasi Qris Tuntas secara daring dikutip Kamis (14/12/2023).

Dia menambahkan, ada beberapa yang kesiapannya teknologinya sudah siap 100%, tetapi masih dalam proses persetujuan oleh BI, seperti Link Aja, Maybank, Speed Cash, OCBC NISP, dan OTTO.

Selain itu, ada juga yang sudah mendapat persetujuan BI, tetapi masih menunggu untuk rilis, yakni CIMB niaga, Nobu Bank, dan BNI.