Logo Bloomberg Technoz

Medco Resmi Caplok 2 Blok Migas di Oman, Lokasinya Mepet Saudi

Wike Dita Herlinda
13 December 2023 16:00

Kilang milik Medco (Dok medcoenergi.com)
Kilang milik Medco (Dok medcoenergi.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) merampungkan akuisisi 20% porsi kepemilikan dua blok minyak dan gas bumi (migas) di Oman dari QQ Exploration & Production LLC (OQEP).

Korporasi milik keluarga konglomerat Panigoro itu menyatakan telah menuntaskan proses transaksi di perjanjian bagi hasil eksplorasi dan produksi atau exploration and production sharing agreements (EPSA) dengan OQEP terkait dengan akuisisi kedua blok itu.

“Akuisisi ini meningkatkan reputasi kami dalam bidang keberlanjutan dan pengembangan gas serta menyediakan pusat baru untuk memperluas produksi berbiaya rendah,” ujar Presiden Direktur Medco Hilmi Panigoro melalui pernyataan resmi perusahaan, dikutip Rabu (13/12/2023).

Dia mengelaborasi MEDC mencaplok 20% kepemilikan di EPSA yang memproduksi Blok 60 dan 20% kepemilikan di EPSA eksplorasi Blok 48.  Keduanya berlokasi di darat di bagian barat Oman, yang dekat dengan perbatasan Arab Saudi.

Blok 60 mencakup area seluas 1.485 km persegi dan saat ini berproduksi ~63 juta barel setara minyak per hari (mboepd) dari ladang minyak Bisat dan gas AbuTabul. Adapun, EPSA blok tersebut akan berakhir pada 2048.