Logo Bloomberg Technoz

Ekonom: The Fed akan Tahan Bunga, tapi Tidak Akan Menurunkan

News
13 December 2023 13:51

The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Steve Matthews - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed) kemungkinan akan mempertahankan suku bunga tetap stabil untuk pertemuan yang ketiga berturut-turut. Namun otortitas moneter AS ini tampaknya masih menentang ekspekstasi pasar terhadap pemotongan suku bunga pada Maret.

Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee/FOMC) kemungkinan akan mempertahankan suku bunga dalam kisaran 5,25% hingga 5,5% pada pertemuan kebijakan selama dua hari yang berakhir pada Rabu, mencapai level tertinggi dalam 22 tahun yang pertama kali dicapai pada Juli.

Keputusan suku bunga beserta pernyataan yang menyertainya akan dirilis pada pukul 2 siang waktu Washington. Gubernur Jerome Powell akan menggelar jumpa pers 30 menit kemudian.

Powell telah mengatakan masih terlalu dini untuk berspekulasi terkait kapan bank sentral akan mulai mengurangi suku bunga. Sebaliknya, para pembuat kebijakan telah menekankan keinginan mereka untuk melakukan jeda dan mengevaluasi dampak biaya pinjaman yang lebih tinggi terhadap ekonomi.