Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Korsel Melambat, Bantu Bank Sentral Longgarkan Moneter

News
05 December 2023 11:50

Ilustrasi toko kosmetik di Korea Selatan. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi toko kosmetik di Korea Selatan. (Sumber: Bloomberg)

Sam Kim - Bloomberg news

Bloomberg, Inflasi konsumen Korea Selatan lebih rendah dari perkiraan pada November 2023, memberikan keleluasaan bagi bank sentral untuk mengurangi kebijakan hawkish mereka pada tahun depan.

Kantor Statistik Korea Selatan melaporkan pada Selasa (5/12/2023), harga konsumen pada November naik 3,3% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, melambat dari pertumbuhan 3,8% pada Oktober. Ekonom yang disurvei Bloomberg memperkirakan inflasi akan melambat menjadi 3,5%.

Menteri Keuangan Korea Selatan Choo Kyung-ho mengatakan perlambatan ini terjadi karena kenaikan harga minyak yang moderat, sementara permintaan produk pertanian menurun setelah periode liburan Chuseok. Menurut dia, harga konsumen berpotensi melanjutkan tren stabil, kecuali terjadi guncangan eksternal.

Menurut Bank of Korea, harga produk pertanian menjadi pendorong utama tekanan inflasi di Korea Selatan dalam beberapa bulan terakhir, sementara pasar tenaga kerja yang ketat dan kenaikan upah yang cepat merupakan faktor utama yang mendorong harga di negara maju lainnya.