Logo Bloomberg Technoz

Kombinasi Data Ekonomi AS Picu Perdebatan The Fed Soal Suku Bunga

News
13 December 2023 07:20

Gubernur The Fed Jerome Powel saat menghadiri simposium ekonomi di Jackson Hole, Wyoming. (David Paul Morris/Bloomberg)
Gubernur The Fed Jerome Powel saat menghadiri simposium ekonomi di Jackson Hole, Wyoming. (David Paul Morris/Bloomberg)

Matthew Boesler - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve, Jerome Powell mengatakan perlu upaya yang keras untuk mengendalikan inflasi. Tampaknya hal itu tidak akan terjadi.

Pada angka 3,7%, tingkat pengangguran sama dengan tingkat ketika The Fed mulai menaikkan suku bunga pada Maret 2022. Sementara itu, laju penurunan inflasi – yang kini hanya berjarak satu poin persentase di atas target bank sentral sebesar 2% – telah meningkat. Ini juga mengejutkan para pengambil kebijakan, seperti yang terjadi pada masa-masa sebelumnya.

Kombinasi tren tersebut, jika terus berlanjut, pasti akan memicu perdebatan di antara para pejabat bank sentral mengenai hal-hal penting yang dapat diambil dari pengalaman pandemi sebelumnya.

“Sangat penting untuk memperluas kerangka kerja ini, sehingga Anda tidak hanya mengandalkan model makro yang sangat sederhana dan membuat bank sentral menyimpulkan bahwa trade-off yang mereka lakukan adalah sebuah kerugian atau lebih banyak kerugian,” kata Julia Coronado, Kepala MacroPolicy Perspectives.