Logo Bloomberg Technoz

"Tujuan dari pesan yang akan disampaikan adalah: 'Kami tidak akan mengurangi suku bunga secara prematur,'" kata Lindsey Piegza, kepala ekonom untuk Stifel Financial Corp.

"Mereka telah melihat indikasi kepalsuan terhadap inflasi. Meskipun The Fed telah membuat kemajuan, masih banyak kemajuan lain yang harus dicapai."

Pandangan Wall Street terkait suku bunga The Fed. (Sumber: Bloomberg)

Prakiraan

Perhatian Wall Street akan difokuskan pada proyeksi suku bunga oleh pejabat The Fed — yang disebut dot plot — yang akan menunjukkan seberapa besar ekspektasi komite untuk pemotongan suku bunga pada tahun 2024 dan 2025.

Ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan proyeksi median akan menunjukkan dua pemotongan suku bunga tahun depan dan lima pemotongan lagi pada tahun 2025, tetapi ada tingkat ketidakpastian yang tinggi. Beberapa pengamat The Fed memperkirakan FOMC mencatatkan satu poin persentase penuh pemotongan suku bunga pada tahun 2024, sementara yang lain tidak melihat adanya pemotongan sama sekali.

Survei Bloomberg News. (Sumber: Bloomberg)

Komite kemungkinan juga akan memperbarui proyeksi untuk inflasinya. Para peramal memperkirakan proyeksi median untuk tahun 2023 akan turun menjadi 3,1% dari 3,3% pada September untuk ukuran pilihan The Fed dan menjadi 3,5% dari 3,7% untuk ukuran yang tidak termasuk makanan dan energi. Selama enam bulan yang berakhir hingga Oktober, inflasi inti berjalan pada tingkat tahunan sebesar 2,5%.

Data pemerintah yang dirilis pada hari Selasa menunjukkan bahwa indeks harga konsumen (IHK) di AS naik pada bulan November, diperkuat oleh kenaikan biaya perumahan dan sektor jasa lainnya. Angka tersebut menunjukkan sifat yang tidak menentu dalam mengembalikan inflasi ke target.

"Dua kali berturut-turut dapat dianggap sebagai jeda sementara. Namun, menurut kami tiga kali merupakan akhir dari siklus. Para pejabat akan mempertimbangkan kondisi yang memungkinkan mereka mulai menurunkan suku bunga tahun depan," ungkap Anna Wong, kepala ekonom AS di Bloomberg Economics.

FOMC juga kemungkinan akan meningkatkan proyeksinya untuk pertumbuhan tahun 2023 setelah kuartal ketiga yang sangat kuat, sambil membuat sedikit perubahan — jika ada — terhadap pandangan tahun 2024, demikian diperkirakan oleh para ekonom.

Pernyataan FOMC

Hampir tiga dari empat ekonom memperkirakan The Fed akan mempertahankan pedoman suku bunga saat ini, yang akan membuka kemungkinan kenaikan suku bunga tambahan. Seperempat responden menganggap sudah waktunya bagi komite untuk menyesuaikan pernyataannya guna mencerminkan kemungkinan bahwa suku bunga akan mencapai puncaknya pada bulan Juli.

Survei FOMC Bloomberg. (Sumber: Bloomberg)

"Kemungkinan hanya ada sedikit perubahan dalam pernyataan tersebut," kata Hugh Johnson, ketua Hugh Johnson Economics LLC. "Mereka cenderung menekankan bahwa tidak ada rencana dalam waktu dekat untuk menurunkan suku bunga" dan perubahannya akan tergantung pada data.

Konferensi Pers

Powell kemungkinan akan menegaskan kembali pandangannya, seperti yang diungkapkannya dalam pidato pada 1 Desember di Spelman College di Atlanta, bahwa saat ini masih terlalu dini untuk berspekulasi kapan kebijakan mungkin akan dilonggarkan.

Dia kemungkinan akan ditanya apakah setuju dengan Gubernur The Fed Christopher Waller, yang merupakan salah satu pengawas inflasi terkemuka dan mengakui bahwa bank sentral akan bersedia mempertimbangkan pemotongan suku bunga jika inflasi terus turun. Dia juga akan dimintai pendapatnya tentang kondisi keuangan, termasuk penurunan baru-baru ini dalam imbal hasil obligasi Amerika Serikat.

"Saya memperkirakan Powell akan mempertahankan nada yang agak hawkish," kata Stephanie Roth, ekonom utama di Wolfe Research LLC. "Dia belum mengubah sikapnya seperti yang dilakukan beberapa anggota FOMC lainnya, seperti Waller, dan kondisi keuangan telah melunak secara signifikan selama beberapa pekan terakhir."

(bbn)

No more pages