Logo Bloomberg Technoz

Bursa Asia Bersiap Dibuka Moderat Jelang Pertemuan The Fed

News
13 December 2023 07:30

Ilustrasi Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)

Rob Verdonck - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham di Bursa Asia bersiap dibuka moderat, setelah sedikit pergerakan di Bursa Wall Street menjelang keputusan terakhir Federal Reserve tahun ini. Data inflasi Amerika Serikat (AS) yang mengecewakan memperkuat spekulasi bahwa para pembuat kebijakan tidak akan terburu-buru untuk mengklaim kemenangan.

Benchmark ekuitas Australia dibuka sedikit berubah, sementara kontrak berjangka Jepang mengarah ke level lebih tinggi dan kontrak berjangka Hong Kong stabil. Pelaku pasar terus memperkirakan para pejabat The Fed akan menahan diri untuk menaikkan suku bunga acuan pada akhir pertemuan Rabu (13/12/2023). Namun, angka-angka ekonomi terbaru mempertanyakan penilaian agresif dari poros dovish.

Para pelaku pasar telah sedikit mengurangi pertaruhan mereka terhadap penurunan suku bunga pada 2024, dan penurunan suku bunga pertama diperkirakan masih akan terjadi pada Mei 2024. Data tersebut juga memicu spekulasi bahwa Gubernur The Fed Jerome Powell akan mencoba mengabaikan pelonggaran kebijakan.

Menyusul keputusan The Fed terakhir, Powell mengingatkan investor bahwa kemajuan inflasi akan bertumpuk dan bergelombang. Fakta bahwa inflasi pada Selasa sesuai dengan perkiraan – dan sedikit meningkat – menggarisbawahi sifat berombak dalam mengembalikan harga ke target 2%, terutama di sektor jasa, yang telah dikategorikan oleh The Fed sebagai sektor terakhir dalam perjuangan inflasi.