Logo Bloomberg Technoz

Minat Investor Beli Saham IPO Media Arab Tembus Rp226 T

News
12 December 2023 15:30

Ilustrasi Arab Saudi. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Arab Saudi. (Sumber: Bloomberg)

Julia Fioretti - Bloomberg News

Bloomberg, MBC Group, lembaga penyiaran terbesar di Timur Tengah, berhasil menarik US$14,5 miliar atau setara Rp226 triliun permintaan investor untuk penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) di Arab Saudi, dimana target perolehan senilai 831 juta riyal Saudi atau setara Rp3,4 triliun. Hal ini meningkatkan lonjakan penawaran saham di Teluk Persia menjelang akhir tahun.

MBC menetapkan harga IPO pada 25 riyal per saham — harga tertinggi yang dipasarkan — untuk penawaran saham sebesar 10% dari perusahaan, seperti yang diumumkan dalam pernyataan pada hari Selasa. Penetapan harga tersebut membuat valuasi lembaga penyiaran tersebut mencapai US$2,2 miliar.

Permintaan investor yang kuat menunjukkan bahwa minat terhadap penawaran saham di Timur Tengah tetap sehat, bahkan ketika IPO di tempat lain kesulitan mendapatkan perhatian. Harga minyak yang tinggi telah membantu mendorong lonjakan pencatatan saham selama dua tahun terakhir. Para investor yang berlimpah dengan uang terus berinvestasi dalam penawaran-penawaran saham yang seringkali memberikan hasil yang baik.

Menurut ketentuan kesepakatan yang dilihat oleh Bloomberg, pembeli ritel dapat mengajukan penawaran untuk IPO antara tanggal 14 dan 18 Desember. Sementara tanggal perdagangan masih belum ditentukan, tetapi kemungkinan besar akan berlangsung pada tahun 2024.