Logo Bloomberg Technoz

Untuk memulai kolaborasi strategis ini, akan ada periode uji coba yang akan dilakukan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian dan lembaga terkait. 

GoTo-Tiktok Kolaborasi, Ini Detail Skema Bisnisnya

Pemetaan pemain e-commerce berdasarkan negara di kawasan Asia Tenggara. (Dok: Momentum Works, Eureka AI, Bloomberg Intelligence)

Grup GOTO lewat unit bisnis e-commerce Tokopedia mengumumkan kerja sama bisnis dengan TikTok, anak usaha ByteDance Ltd asal China. TikTok berinvestasi US$1,5 miliar (setara sekitar Rp23 triliun). Berikut skema aliansi bisnis TikTok dan Tokopedia yang disepakati kedua perusahaan:

  • Kemitraan strategis akan menyatukan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia di bawah PT Tokopedia. TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. 
  • TikTok akan menggelontorkan dana lebih dari US$1,5 miliar ke Tokopedia dalam jangka panjang. TikTok juga menyediakan dana lebih lanjut bagi Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GOTO di Tokopedia.
  • Kesepakatan terbaru menyebabkan TikTok memiliki 75,01% saham di Tokopedia, sedangkan GOTO menyisakan 24,99%.
  • Membentuk komite yang diketuai Patrick Walujo, CEO GOTO untuk memastikan proses kolaborasi dan bisnis berkelanjutan PT Tokopedia, yang tujuannya juga mendorong pengembangan ekonomi digital nasional.
  • TikTok dan Tokopedia berkomitmen t memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku  usaha kecil dan menengah (UMKM) Indonesia. Usai aliansi sekitar 90% merchant atau pedagang diklaim merupakan pelaku UMKM.
  • Dalam transaksi yang disepakati PT Tokopedia dan TikTok Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk grup GOTO.
  • Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah digabungkan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan menguntungkan GoTo karena  TikTok menjadi bagian dari ekosistem Tokopedia. Aliansi ini bisa berkembang dengan penjajakan kolaborasi strategis baru di layanan keuangan dan on-demand services.

(wep)

No more pages