Logo Bloomberg Technoz

BMKG Prediksi Hujan Merata Guyur Jakarta, Siang dan Dini Hari

Ezra Sihite
01 March 2023 07:10

Hujan pagi hari di Jakarta berdampak pada aktivitas warga (Bloomberg Technoz/Ezra Sihite)
Hujan pagi hari di Jakarta berdampak pada aktivitas warga (Bloomberg Technoz/Ezra Sihite)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan disertai kilat dan petir serta angin kencang yang bisa terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta pada Rabu (1/3/2023). Menurut laman resminya, BMKG menyebutkan potensi hujan lebat disertai dengan angin kencang bisa terjadi di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Kepuluan Seribu.

Diketahui hujan yang terjadi di Jakarta dalam beberapa hari terakhir baik pagi maupun malam menyebabkan genangan hingga potensi banjir. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam laman Instagram resminya @dkijakarta juga mengeluarkan peringatan memantau tinggi muka air untuk siaga banjir. Selain itu hujan lebat dan angin kencang bisa menyebabkan pohon tumbang yang mengganggu lalu lintas dan memicu kemacetan panjang.

Tingginya muka air di pintu-pintu air di Jakarta dan sekitarnya terus dilakukan di 12 pintu air yakni Katulampa Pos, Depok, Manggarai, Karet, Krukut Hulu, Pesanggarahan, Angke Hulu, Waduk Pluit, Pasar Ikan, Cipinang Hulu, Sunter Hulu, Pulogadung.

Pada siang nanti lima wilayah Jakarta diprediksi akan diguyur hujan ringan yakni Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Sementara pada malam harinya, BMKG memprediksi sebagian besar wilayah akan berawan tebal. Namun pada dini hari, hujan petir akan merata terjadi kecuali di Jakarta Barat yang akan hujan ringan.

Sementara suhu dan tingkat kelembaban hari ini di masing-masing area yakni: