Logo Bloomberg Technoz

Nonton F1 Powerboat di Danau Toba, Jokowi: Trigger Ekonomi Daerah

Ezra Sihite
26 February 2023 16:57

Presiden Jokowi menemui para pembalap F1H20 di Balige, Sumatera Utara (BPMI Setpres/Laily Rachev/setkab.go.id)
Presiden Jokowi menemui para pembalap F1H20 di Balige, Sumatera Utara (BPMI Setpres/Laily Rachev/setkab.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan ibu negara Iriana Joko Widodo pada Minggu siang (26/2/2023) bertolak ke Balige, Sumatera Utara untuk menyaksikan pertandingan balap F1 Powerboat (F1H20) World Championship 2023. Jokowi bertolak dari Semarang, Jawa Tengah dan tiba di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige pukul 13.30 WIB.

Presiden Jokowi melihat persiapan kendaraan powerboat yang akan digunakan di Danau Toba dengan diangkat menggunakan crane. Jokowi juga sempat bertemu dengan para pembalap powerboat yang berasal dari berbagai negara itu sebelum ajang balapan dimulai dan berfoto bersama mereka, dilansir dari laman Sekretariat Kabinet.

Penampakan arena F1H20 di Danau Toba dari bukit Pahoda, Balige (Ist)

Di lokasi itu hadir pula Presiden F1 H2O Powerboat Nicola di San German, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan  Duta Besar Persatuan Emirat Arab untuk Indonesia, Abdulla Salem Al-Daheri.

Kejuaraan F1H2O adalah seri internasional unggulan perahu balap yang digelar oleh Union Internationale Motonautique (UIM). Ajang F1H2O diikuti oleh 10 tim dengan 20 pembalap. Diketahui bahwa dalam satu musim kejuaraan dilaksanakan delapan seri balap dan seri pertama pada 2023 digelar di Danau Toba, Indonesia. Rencananya seri selanjutnya akan digelar di China.

Sementara usai menonton F1H20 Powerboat, Jokowi mengungkapkan ajang-ajang yang dihelat di sejumlah daerah untuk mendongkrak perekonomian. Dia menilai ajang balapan F1H20 ini sangat seru dan Jokowi baru pertama kali menonton perlombaan sejenis. Dia mengatakan, adanya event internasional itu diharapkan bisa membangun brand setiap daerah.