Logo Bloomberg Technoz

Dunia Terancam Kekurangan Pasokan Kopi Vietnam, Harga Bisa Naik

News
05 December 2023 16:50

Biji kopi robusta (Sumber: Bloomberg)
Biji kopi robusta (Sumber: Bloomberg)

Mai Ngoc Chau - Bloomberg News

Bloomberg, Dunia kemungkinan akan menghadapi kekurangan kopi robusta Vietnam yang bisa digunakan dalam minuman instan dan ekspreso. Penyebabnya, hasil panen yang lebih sedikit dan permintaan lokal yang terus meningkat sehingga menekan pasokan global.

Wakil Ketua Asosiasi Kakao Kopi Vietnam, Do Ha Nam mengatakan, panen saat ini kemungkinan hanya akan menghasilkan 1,6 juta hingga 1,7 juta ton kopi. Angka ini turun dari hasil tahun sebelumnya sebesar 1,78 juta ton kopi. Adapun stok panen terakhir sudah hampir habis.

Do Ha Nam yang juga chairman eksportir utama Intimex Group menambahkan area pertanian di Vietnam juga menyusut, terutama di provinsi-provinsi utama Dak Lak dan Dak Nong, sementara hasil panen juga menurun di beberapa area.

Harga kopi robusta hingga awal Agustus 2023 (Sumber: ICE diolah Bloomberg)

Kemungkinan luas area penanaman kopi di Vietnam tinggal 600 ribu hektar. Turun dari perkiraan terakhir kementerian pertanian yang mencapai 700 ribu hektor. Ini karena para petani kopi menebang pohon-pohon kopi guna menanam tanaman-tanaman yang lebih menguntungkan seperti durian dan alpukat.