Logo Bloomberg Technoz

Pemain Timnas Jerman, Paris Brunner meraih piala Adidas Golden Ball pada Piala Dunia U-17 Indonesia 2023. Padahal, penyerang Panser muda ini gagal saat mengeksekusi bola dari titik 12 pas saat adu penalti lawan Prancis di pertandingan final.

Sebagai penendang kelima, Brunner sebenarnya bisa menutup kompetisi dengan golnya. Akan tetapi, sepakannya ke sisi kiri berhasil ditepis kiper Prancis, Paul Argney. 

Jerman beruntung karena usai itu, sang kiper Konstantain Heide berhasil menepis bola tendagan Tidiam Gomis ke sisi kanan Gawang. Kemenangan pun tercipta usai pemain Jerman, Almugera Kabar membobol gawang Paul Argney.

Meski demikian, Brunner memang menjadi pemain kunci selama perjalanan Jerman di Piala Dunia U-17 Indonesia 2023. Dia tercatat mencetak 5 gol untuk menghantar timnya meraih gelar pertama pada piala dunia kategori usia.

Peraih Silver Ball Piala Dunia U-17 Indonesia 2023, Hamadou Makalou dari Mali. (Dok. FIFA)

Pemain gelandang Timnas Mali, Hamadou Makalou dianggap sebagai pemain terbaik kedua dalam kompetisi ini. Dia membawa timnya sebagai kuda hitam yang menumbangkan sejumlah tim besar; termasuk Argentina pada perebutan juara ketiga.

Dia dinilai memainkan peran penting pada lini tengah Mali saat mengobrak abrik pertahanan Argentina. Golnya ke gawang Argentina juga dinilai krusial sehingga tim asal Afrika tersebut membungkam La Albiceleste dengan skor 3-0.

Peraih Bronze Ball Piala Dunia U-17 Indonesia 2023, Mathis Amougou dari Prancis. (Dok. FIFA)


Adidas Bronze Ball

Mathis Amougou terpilih menjadi pemain terbaik ketiga usai dirinya mencetak gol ke gawang Jerman pada penghujung waktu normal di babak final. Gol tersebut memberikan asa Prancis untuk bertaruh status juara melalui babak adu penalti, meski kemudian timnas muda berlogo Ayam Jago tersebut tumbang dengan skor 4-3.

Peraih Golden Boot Piala Dunia U-17 Indonesia 2023, Agustin Ruberto dari Argentina (Dok. FIFA)

Adidas Golden Boot

Pemain Argentina, Agustin Ruberto meraih piala Adidas Golden Boot usai mencetak 8 gol dari 7 laga yang dijalani La Albiceleste di Piala Dunia U-17 Indonesia 2023. 

Bahkan, dia mencetak 3 gol dalam satu pertandingan atau hat-trick saat melawan Timnas U-17 Jerman pada babak Semifinal. Sayangnya, Argentina kemudian kalah dalam babak adu pinalti dengan skor 4-2.

Adidas Silver Boot

Kapten Mali, Ibrahim Diarra meraih pemain dengan gol terbanyak kedua dengan catatan 5 gol and 4 operan pada 7 laga. Bahkan, berdasarkan catatan FIFA, dia terlibat dalam sembilan dari 18 gol yang dibuat timnas Mali.

Sebagai pemain, Diarra tampil sangat impresif sehingga melaju hingga semifinal dan berhasil meraih posisi ketiga dengan menumbangkan raksasa sepak bola, Argentina.

Peraih Silver Boot Piala Dunia U-17 Indonesia 2023, Ibrahim Diarra dari Mali (Dok. FIFA)

Adidas Bronze Boot

Pada posisi ketiga diberikan pada Kapten La Albiceleste, Claudio Echeverri yang mencatat 5 gol and 2 operan berbuah gol. Seperti rekannya, Ruberto, Echeverri juga pernah mencetak hat-trick pada Piala Dunia U-17 Indonesia 2023.

Bahkan, tiga gol tersebut tercipta saat melawan musuh bebuyutannya, Brasil pada babak perempatfinal. Dalam pertandingan tersebut Argentina membungkam Brasil dengan skor 3-0 atau semuanya gol Echeverri.

Peraih Golden Glove Piala Dunia U-17 Indonesia 2023, Paul Argney dari Prancis (Dok. FIFA)

Adidas Golden Glove

Penjaga Gawang Prancis Paul Argney memang kalah dalam babak adu penalti saat melawan Jerman di Final Piala Dunia U-17 Indonesia 2023. Pada Pertandingan tersebut, dia kalah gemilang dari Kiper Jerman Konstantian Heide yang mengagalkan 3 tendangan pemain Prancis.

Akan tetapi, status kiper terbaik memang layak diberikan pada Argney. Dia tercatat tak pernah kebobolan dalam lima pertandingan berturut di Piala Dunia U-17 Indonesia 2023. Atau, dari babak grup hingga Semifinal.

(frg)

No more pages