Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Minta Erick Thohir Bidding Piala Dunia U-20 dan U-17

Fransisco Rosarians Enga Geken
04 December 2023 14:40

Ekspresi Timnas U-17 Jerman usai memastikan diri menang dalam laga final Piala Dunia. (Dok: Fifa)
Ekspresi Timnas U-17 Jerman usai memastikan diri menang dalam laga final Piala Dunia. (Dok: Fifa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir serta Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo untuk ikut dalam penawaran atau bidding menjadi tuan rumah piala dunia kategori usia. 

Secara lebih spesifik, Jokowi meminta Erick melobi organisasi sepak bola dunia atau FIFA memberikan persetujuan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2025. Selain itu, Indonesia juga kembali ingin menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-17 pada 2025-2029.

"Bidding bersama dengan Singapura," kata Jokowi seperti dilansir Sekretariat Presiden, Senin (4/12/2023).

Dia pun menunjukkan PSSI dan asosiasi sepak bola Singapura telah meneken surat penawaran atau declaration of interest ke FIFA. Surat tersebut akan menjadi dasar bidding perhelatan turnamen sepak bola tingkat dunia tersebut.

Keterangan Pers Presiden Jokowi, Istana Merdeka, 4 Desember 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Menurut dia, Indonesia percaya diri kembali menjadi tuan rumah perhelatan internasional usai berhasil menggelar Piala Dunia U-17 Indonesia 2023. Pertandingan yang digelar pada empat stadion tersebut mendapat respons positif dari FIFA dan timnas yang berpartisipasi.