Logo Bloomberg Technoz

Menhan AS: Israel Berisiko Alami Kekalahan Strategis Lawan Hamas

News
03 December 2023 19:00

Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)
Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)

Peter Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin, menyatakan bahwa Israel berisiko menghadapi "kekalahan strategis" dalam perangnya dengan Hamas jika tidak memperhatikan peringatan tentang meningkatnya jumlah kematian warga sipil.

"Secara pribadi, saya telah mendorong para pemimpin Israel untuk menghindari korban warga sipil, menghindari retorika yang tidak bertanggung jawab, dan mencegah kekerasan oleh para pemukim di Tepi Barat," kata Austin dalam pidato di Reagan National Defense Forum di Simi Valley, California, pada hari Sabtu.

Komentar Austin dikatakan seiring dengan para pejabat AS yang semakin vokal memperingatkan Israel terkait jumlah korban tewas di Jalur Gaza. Peringatan-peringatan tersebut, yang sebelumnya terbatas pada pertemuan tertutup, kini menjadi terbuka akibat tekanan yang meningkat dari negara-negara Arab tetangga Israel, aktivis HAM, dan opini di dalam negeri, termasuk sayap kiri Partai Demokrat yang dipimpin Presiden Joe Biden.

Meskipun Austin dan pemimpin AS lainnya bersumpah untuk terus mendukung Israel, mereka khawatir bahwa dukungan Amerika dapat menjadi tidak mungkin jika korban warga sipil terus bertambah.