Logo Bloomberg Technoz

Erdogan Tetap Bela Hamas Saat AS Curiga ke Turki

News
02 December 2023 21:15

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Bloomberg)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Bloomberg)

Ugur Yilmaz—Bloomberg

Bloomberg,  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan penolakannya untuk menetapkan Kelompok Hamas sebagai organisasi teroris. AS dan Uni Eropa telah melabeli Hamas sebagai organisasi teroris.

Hal ini menepis kekhawatiran yang disampaikan oleh seorang pejabat senior Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) mengenai dugaan dukungan negara itu terhadap operasi keuangan Hamas.

“Saya tidak akan pernah bisa menerima Hamas sebagai organisasi teroris, tidak peduli apa yang dikatakan orang,” kata Erdogan, menanggapi pernyataan Wakil Menteri Keuangan AS Brian Nelson, yang mengungkapkan kekhawatirannya mengenai dugaan fasilitasi Turki terhadap transaksi keuangan Hamas.

Financial Times melaporkan bahwa selama kunjungan Nelson ke Ankara untuk pembicaraan mengenai kelompok militan Palestina Hamas dan sanksi Amerika terhadap entitas-entitas Rusia minggu ini, muncul kekhawatiran soal keterlibatan historis Turki dalam memberikan akses keuangan kepada Hamas, terutama setelah serangan 7 Oktober terhadap Israel.