Logo Bloomberg Technoz

Gencatan Senjata Berakhir, Israel Bombardir Gaza Selatan

News
03 December 2023 11:30

Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)
Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)

Antony Sguazzin dan Courtney McBride - Bloomberg News

Bloomberg, Militer Israel meningkatkan serangan udara pada target Hamas di selatan Gaza. Medan perang pun semakin meluas, setelah masing-masing pihak menolak pembicaraan lebih lanjut menuju gencatan senjata baru.

Israel menarik tim negosiasinya dari Qatar. Hal ini menghilangkan harapan bahwa gencatan senjata selama tujuh hari, disertai dengan pertukaran sandera dan tahanan, dapat diperpanjang. Saleh al-Arouri, seorang pejabat senior Hamas, mengatakan pada Sabtu tidak akan ada "pertukaran sandera hingga perang berakhir."

Israel mengatakan telah menyerang 400 "sasaran teroris" di Gaza, termasuk 50 di daerah Khan Younis, kota selatan di mana Israel percaya pemimpin Hamas teratas kini bersembunyi. Banyak negara, termasuk sekutu seperti AS, memperingatkan Israel agar tidak menggunakan kekuatan yang luar biasa di selatan seperti yang dilakukan di utara, di mana sebagian besar Kota Gaza dihancurkan dan ribuan warga Gaza tewas.

Namun, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengisyaratkan eskalasi yang signifikan sedang berlangsung di selatan saat Israel berusaha menghancurkan Hamas, tujuan yang dinyatakan dari perang ini.