Logo Bloomberg Technoz

Survei Beige Book terbaru The Fed, yang dirilis pada Rabu, menunjukkan aktivitas ekonomi melambat dalam beberapa pekan terakhir karena rumah tangga menarik kembali belanja diskresi. 

Permintaan tenaga kerja juga berkurang. Pejabat bank sentral semakin mengandalkan informasi semacam ini untuk menilai jalur perekonomian dan inflasi.

Data Departemen Tenaga Kerja menunjukkan klaim asuransi pengangguran terus meningkat menjadi 1,93 juta pada pekan yang berakhir 18 November. Angka tersebut telah meningkat sejak September, menunjukkan bahwa warga Amerika yang menganggur semakin sulit mendapatkan pekerjaan baru.

Data Inflasi AS. (Bloomberg)

“Peningkatan terus-menerus dalam klaim yang berkelanjutan menunjukkan risiko bahwa tingkat pengangguran akan mencapai 4,0% pada bulan November. Sementara beberapa lonjakan kemungkinan disebabkan oleh masalah dalam penyesuaian data musiman, anekdot menunjukkan permintaan tenaga kerja berkurang.” Eliza Winger, ekonom Bloomberg.

Sementara itu, indeks harga PCE secara keseluruhan tidak berubah dari bulan sebelumnya, karena harga energi yang lebih rendah. Secara tahunan, angkanya mencapai 3% – kenaikan terkecil sejak Maret 2021 namun masih di atas target The Fed sebesar 2%.

Para pengambil kebijakan sangat memperhatikan inflasi jasa, tidak termasuk perumahan dan energi, yang naik 0,1% dari bulan September, yang merupakan kenaikan terkecil tahun ini.

Berdasarkan penyesuaian inflasi, pengeluaran barang naik 0,1%, tertahan oleh penurunan belanja barang tahan lama seperti kendaraan bermotor. Belanja jasa meningkat 0,2%.

Pendapatan riil yang dapat dibelanjakan, yang merupakan pendukung utama belanja konsumen, meningkat 0,3%. Itu merupakan kenaikan terbesar sejak Mei dan didukung oleh pembayaran bunga dan dividen.

Upah dan gaji, yang tidak disesuaikan dengan inflasi, hanya naik 0,1%, kenaikan terkecil tahun ini. Tingkat tabungan naik tipis menjadi 3,8%.

Sementara itu, ukuran penjualan tertunda dari rumah yang dimiliki sebelumnya turun ke rekor terendah pada bulan Oktober, menggambarkan pasar penjualan kembali yang terpukul oleh tingginya biaya pinjaman dan harga. 

Indeks penandatanganan kontrak National Association of Realtors untuk pembelian rumah yang dimiliki sebelumnya turun 1,5% menjadi 71,4 alias terendah dalam data sejak tahun 2001.

Data yang dipublikasikan awal pekan ini menunjukkan perekonomian AS tumbuh lebih dari perkiraan semula pada kuartal ketiga. Para peramal yang disurvei oleh Bloomberg melihat pertumbuhan ekonomi melambat menjadi 1,2% secara tahunan pada kuartal ini.

(bbn)

No more pages