Logo Bloomberg Technoz

Seiring dengan meningkatnya volume produksi mobil bertenaga listrik yang tersimpan dalam baterai untuk memenuhi permintaan, maka pasokannya jadi melimpah.

Persediaan mobil listrik di AS meningkat lima kali lipat selama 12 bulan terakhir, menurut platform daftar digital CarGurus.

“Bagi konsumen sekarang, ini sangat bagus,” kata Kevin Roberts, direktur wawasan industri di CarGurus. “Mobil listrik menjadi jauh lebih terjangkau dibandingkan setahun yang lalu... dan kami telah memenuhi banyak permintaan dari t early-adopter atau pengguna awal.”

Namun, calon pembeli harus bertindak cepat (meminjam mantra iklan lainnya). Persediaan yang berlebih tidak akan bertahan lama.

Pencapaian penjualan mobil listrik di AS. (Dok: Bloomberg)

Di tengah kenaikan suku bunga dan inflasi yang stabil, harga telah menjadi rintangan utama bagi adopsi mobil listrik di AS.

Pada bulan Juni, hampir dua pertiga pembeli mobil di AS yang disurvei oleh JD Power mengatakan bahwa mereka “secara keseluruhan kemungkinan besar” akan membeli mobil listrik, tetapi banyak yang tidak dapat menemukan mobil listrik yang sesuai dengan kisaran harga mereka.

Baru-baru ini pada bulan Oktober, harga rata-rata mobil listrik di CarGurus 28% lebih tinggi daripada harga kendaraan berbahan bakar gas. 

Adopsi juga dipengaruhi oleh formula alokasi, yang menentukan ke mana mobil-mobil baru dikirim. Mobil listrik yang keluar dari pabrik-pabrik di AS masih diarahkan secara tidak proporsional ke dealer-dealer di negara-negara bagian, seperti California yang memiliki peraturan pembatasan penjualan mobil berbahan bakar gas pada tanggal tertentu.

“Anda akan menemukan sebagian besar wilayah di negara ini di mana Anda mungkin tidak akan menemukan dealer yang memiliki satu mobil listrik, apalagi beberapa,” ujar Roberts di CarGurus. Namun, harga mobil listrik sudah mulai turun, sebuah tren yang dimulai oleh Tesla Inc. dengan memangkas harga dua model terpopulernya tahun ini.

Ford mengikutinya, dengan memotong harga resmitruk pickup F-150 Lightning hingga US$10.000 (sekitar Rp156 juta). Di CarGurus, harga rata-rata turun selama 12 bulan terakhir untuk Toyota bZ4X (-10,3%), Kia Niro EV (-8,6%) dan Chevrolet Bolt EUV (-6,4%).

Mahi Manchala, Direktur IT yang bekerja dari New Jersey ke Manhattan, baru saja menukar Infiniti bertenaga gasnya dengan Mercedes EQS terbaik dengan harga US$130.000 (sekitar Rp2 miliar), diskon 6% dari harga resmi.

Dealer tersebut bahkan mensubsidi biaya alat pengisi daya di rumah, yang harganya hampir mencapai US$2.000 (Rp31 juta) untuk pemasangannya. “Ini adalah kemewahan tertinggi. Dan untuk apa yang saya dapatkan, itu adalah penawaran terbaik,” kata Manchala. 

Momen yang memabukkan bagi konsumen ini sekaligus menjadi sedikit memusingkan bagi para produsen mobil. Mereka telah mengeluh tentang perlambatan permintaan mobil listrik dan menekankan perang harga yang dipimpin oleh Tesla.

“Dengan diskon harga dari beberapa orang lain [di] lebih dari 30%... Saya akan mengatakan ini adalah ruang yang cukup brutal,” kata Chief Financial Officer (CFO) Mercedes, Harald Wilhelm, dalam sebuah panggilan telepon baru-baru ini. 

Kelebihan pasokan mobil listrik membuat banyak eksekutif otomotif mengerem produksi. Ford telah menunda atau menunda pengeluaran EV senilai US$12 miliar, sementara memperlambat produksi Mustang Mach-E, model listriknya yang paling populer.

GM menunda beberapa model dan meninggalkan target untuk membangun 400.000 mobil listrik pada pertengahan tahun 2024.

Penjualan mobil listrik AS berdasarkan area. (Dok: Bloomberg)

Tapi bahkan dengan rasa sakit yang terus bertambah, sulit untuk melebih-lebihkan momentum pasar kendaraan listrik. Penjualan mobil listrik AS meningkat hampir 2,5 kali lipat selama 12 bulan terakhir.

Pada kuartal ketiga, penjualan mobil listrik sebagai bagian dari penjualan mobil baru mencapai 10% pada 11 negara bagian AS, menurut Atlas Public Policy, dan mencapai 7% di Texas — pasar mobil terbesar kedua di negara itu setelah California.

“Kabar yang ditulis bahwa pasar mobil listrik akan hancur berantakan adalah salah besar,” kata Elaine Buckberg, yang sebelumnya adalah seorang ekonom di General Motors dan saat ini menjadi peneliti senior di Universitas Harvard.

Salah satu penyebabnya adalah karena selisih antara penawaran dan permintaan mobil listrik tidak seragam — berfluktuasi tergantung modelnya.

Kendaraan yang berada di titik temu antara harga, jarak tempuh, fitur, dan desain akan terjual dengan cepat. Bolt, misalnya, yang memiliki jangkauan yang relatif tinggi dan harga yang relatif rendah, masih kekurangan pasokan. Begitu juga dengan Cadillac Lyric, SUV mewah yang dimaksudkan untuk bersaing dengan merek-merek mewah Jerman, dijual dengan harga di bawah US$60.000.

“Saya tidak akan berasumsi bahwa pembeli telah kehilangan minat terhadap kendaraan listrik. Saya rasa hal itu tidak menggambarkan situasi yang sebenarnya,” kata Ingrid Malmgren, direktur kebijakan di lembaga nirlaba Plug In America.

Di AutoNation Inc, yang mengelola sekitar 250 dealer wilayah AS, kendaraan listrik akhir-akhir ini rata-rata berada di tempat parkir selama 60 hari, dua kali lebih lama daripada kendaraan berbahan bakar konvensional. Namun lemahnya permintaan terlihat “di kantong,” kata Derek Fiebig, wakil presiden hubungan investor. 

“Kendaraan dengan harga yang lebih tinggi, sedikit lebih sulit bagi mereka,” kata Fiebig dalam sebuah konferensi pada 31 Oktober. 

“Kendaraan dengan harga yang lebih rendah telah memenuhi syarat untuk mendapatkan dana federal, yang membantu, sehingga mereka bergerak cukup cepat.” (Beberapa truk dan SUV buatan Amerika dengan harga di bawah US$80.000, dan beberapa mobil di bawah US$55.000, memenuhi syarat untuk mendapatkan potongan harga sebesar US$7.500 dari Undang-undang Pengurangan Inflasi).

(bbn)

No more pages