Logo Bloomberg Technoz

Jet Tempur AS Jatuh di Jepang, Satu Orang Meninggal Dunia

News
30 November 2023 08:50

Ilustrasi pesawat tempur (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pesawat tempur (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Satu orang dilaporkan tewas ketika jet tempur Osprey milik Amerika Serikat (AS) jatuh ke perairan pulau Yakushima di barat daya Jepang pada Rabu.

Dilaporkan Kyodo News, mengutip Penjaga Pantai Jepang, delapan orang disebut berada di dalam pesawat tersebut. Sementara lembaga penyiaran publik nasional NHK mengatakan ada enam orang di dalamnya. Belum ada informasi resmi mengenai orang lain yang berada di pesawat tersebut.

Personel Penjaga Pantai Jepang tiba di lokasi kecelakaan dan menemukan pesawat di dalam air beserta perahu penyelamat yang terbalik. Belum ada rincian yang dirilis mengenai kemungkinan penyebab kecelakaan, tetapi Kyodo mengatakan mesin kiri pesawat mungkin terbakar, mengutip pejabat prefektur di Kagoshima.

Juru bicara pemerintah Jepang, Hirokazu Matsuno, mengatakan dalam jumpa pers bahwa pesawat menghilang dari radar sekitar pukul 14.40. Yakushima berjarak sekitar 1.000 kilometer sebelah barat daya Tokyo. Dilaporkan media-media Jepang, pesawat tersebut sedang terbang menuju Pangkalan Udara Kadena milik AS di Okinawa.