Logo Bloomberg Technoz

Belanja Online Cyber Monday Pecah Rekor di AS

News
29 November 2023 05:07

Cyber Monday (Bloomberg)
Cyber Monday (Bloomberg)

Spencer Soper-Bloomberg News

Bloomberg, Momen belanja besar-besaran yakni Cyber Monday 'Hari Belanja Online', usai Black Friday di Amerika Serikat (AS) pecah rekor saat konsumen menghabiskan uang hingga $12,4 miliar. Hal ini menunjukkan ketahanan konsumen masih terjadi meskipun sempat terpukul pada pandemi, tabungan menipis dan adanya suku bunga tinggi.

Pengeluaran juga dicatat meningkat 9,6% dari tahun lalu. Hal ini menjadikan hari belanja online terbesar yang pernah ada sebagaimana data Adobe Inc., yang mana Adobe sebelumnya telah menyesuaikan perkiraan belanja online berdasarkan belanja yang lebih besar dari perkiraan pada Black Friday. Apalagi dengan makin populernya penawaran beli sekarang bayar nanti atau semacam paylater yang memungkinkan pembeli meningkatkan anggaran kreditnya.

Penggunaan paylater juga mencapai rekor tertinggi di Cyber ​​Monday, kata Adobe. Hal ini menyumbang $940 juta dalam belanja online, naik 42,5% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu konsumen menggunakan fasilitas kredit tersebut untuk pembelian dalam jumlah besar.

“Musim belanja liburan tahun 2023 dimulai dengan banyak ketidakpastian dan konsumen sempat mengalihkan pengeluaran mereka ke sektor jasa di samping kenaikan biaya hidup,” kata Vivek Pandya, analis utama di Adobe Digital Insights.