Logo Bloomberg Technoz

Hari Ini Ada Lelang SUN vs SVBI, Investor Pilih yang Mana?

Ruisa Khoiriyah
28 November 2023 10:45

Ilustrasi Rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para pelaku pasar hari ini memiliki dua jadwal lelang sekuritas atau surat berharga, yang satu Surat Utang Negara (SUN) dan Sertifikat Valas Bank Indonesia (SVBI). Lelang akan dilangsungkan di tengah penguatan rupiah yang masih berlanjut sampai jelang siang ini dan kegairahan di bursa saham dengan penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Lelang SUN dengan target indikatif Rp19 triliun merupakan lelang rutin tiap dua pekan yang digelar oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan. Sementara lelang SVBI hari ini menjadi lelang kedua, dihelat oleh Bank Indonesia (BI) pada siang nanti.

Lelang dua surat berharga yang diterbitkan oleh dua entitas itu diperkirakan akan cukup mendapatkan sambutan pelaku pasar di tengah tren arus masuk modal asing yang telah berlangsung setidaknya dua minggu terakhir. 

"Kami perkirakan tingkat permintaan dalam lelang SUN hari ini akan stabil di kisaran Rp34 triliun-Rp39 triliun sehingga pemerintah bisa mempertahankan jumlah penerbitan suplai SUN baru sesuai target indikatif," kata Lionel Priyadi, Macro Strategist Samuel Sekuritas dalam catatan pagi, Selasa (28/11/2023).

Ada tujuh seri yang akan dilelang di mana dua di antaranya berjenis SPN (Surat Perbendaharaan Negara) dan lima seri berjenis FR (Fixed Rate). Berkaca dari lelang SUN sebelumnya, seri FR101 yang memiliki maturity date 2029 kemungkinan masih akan menjadi incaran utama pemodal.