Logo Bloomberg Technoz

Bertemu Netanyahu, Elon Musk Sebut Ingin Bantu Bangun Gaza Lagi

News
28 November 2023 07:10

Elon Musk. (Dok: Bloomberg)
Elon Musk. (Dok: Bloomberg)

Marissa Newman - Bloomberg News

Bloomberg, Elon Musk mengatakan ingin membantu membangun kembali Gaza setelah perang dengan Hamas, dalam percakapan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Ini merupakan bagian dari serangkaian pertemuan Musk dengan para pemimpin politik di Israel.

Menurut Netanyahu dalam diskusi langsung yang disiarkan di X pada hari Senin, penting untuk pertama-tama "melakukan deradikalisasi" di wilayah Palestina, serupa dengan bagaimana negara-negara Arab lainnya menjadi lebih moderat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Arab Saudi.

Musk, yang tengah dikritik karena mendukung konten antisemitisme di X, sedang bertemu dengan pejabat Israel dan mengunjungi kibbutz Kfar Aza di mana beberapa kekerasan terburuk terjadi pada 7 Oktober, ketika militan Hamas menembus batas negara dan menyerang warga sipil. Musk tampak melihat selongsong peluru di tempat tidur bayi selama tur tersebut.

Meskipun demikian, para pemimpin Israel tidak lagi mengecam Musk di depan umum. Netanyahu tidak membahas kontroversi antisemitisme terbaru di X dalam siaran selama sekitar 20 menit tersebut. Benny Gantz, pemimpin oposisi dan anggota kabinet perang yang beranggotakan tiga orang, serta Presiden Isaac Herzog menekankan bahaya membiarkan kebencian berkembang dalam komentar publik.