Logo Bloomberg Technoz

Kemenangan Politisi Anti Islam Ancam Target Nol Emisi Belanda

News
26 November 2023 19:30

Geert Wilders. (Sumber: Bloomberg)
Geert Wilders. (Sumber: Bloomberg)

Diederik Baazil and April Roach - Bloomberg News - 

Bloomberg, Kemenangan partai yang dipimpin oleh Geert Wilders telah membuat ambisi Belanda memperbaiki iklim berada dalam ketidakpastian. Kelompok-kelompok lingkungan hidup memperingatkan dampak “merusak” perkembangan terakhir politik itu terhadap kemajuan target ramah lingkungan.

Kemenangan mengejutkan Partai Kebebasan yang populis dalam pemilu minggu ini mencerminkan lonjakan dukungan terhadap kelompok sayap kanan di seluruh Eropa, yang terutama didorong oleh kekhawatiran atas biaya hidup dan imigrasi. Meskipun janji Wilders sangat menarik bagi para pemilih yang berupaya membatasi jumlah migran, manifesto partainya juga mencakup proposal untuk menghentikan pengurangan emisi karbon dioksida dan mengabaikan perjanjian-perjanjian iklim yang penting.

Sehari setelah pemungutan suara, suasana di Kementerian Perubahan Iklim Belanda digambarkan seperti sebuah pemakaman, kata seseorang yang mengetahui masalah tersebut. Banyak pejabat yang berduka atas hasil pemilu, takut kerja keras mereka selama bertahun-tahun akan dirusak oleh calon pemerintahan baru, kata sumber tersebut.

Anggota staf yang kecewa dihibur oleh Menteri Iklim Belanda yang pertama – dan mungkin yang terakhir – Rob Jetten, yang berkeliling di kementerian setelah partainya, Demokrat 66, kehilangan dukungan beberapa jam sebelumnya. Kini mereka hanya akan memperoleh sembilan kursi, turun dari 24 kursi pada pemerintahan sebelumnya.

Belanda baru-baru ini mulai mencapai tujuan iklimnya pada tahun 2030 untuk mengurangi emisi sebesar 55% dibandingkan dengan tingkat emisi pada tahun 1990. Pemerintahan yang akan mengakhiri masa jabatannya memperingatkan pada bulan Oktober bahwa implementasi rencana dekarbonisasi yang “cepat dan ambisius” masih penting untuk mencapai tujuan tersebut.

Meskipun Wilders mengatakan bahwa ia ingin keluar dari perjanjian iklim Paris dan membatalkan dana yang ditujukan untuk mengurangi emisi berbahaya, namun masih belum jelas arah apa yang akan diambil oleh pemerintahan baru karena mereka harus bekerja sama dengan mitra koalisi dengan prioritas politik yang berbeda.

Ilustrasi Emisi Karbon (Dok. Envato)

Negara ini juga mempunyai komitmen iklim tingkat Uni Eropa yang harus dipatuhi. Blok ini sedang bersiap untuk merancang tujuan pengurangan emisi pada tahun 2040 pada tahun depan, dengan komisaris iklim UE Wopke Hoekstra, seorang warga negara Belanda, berjanji untuk mempertahankan target pengurangan emisi bersih setidaknya sebesar 90% dibandingkan tahun 1990.

Namun, tujuan baru yang akan dicapai adalah yang diusulkan setelah komisi baru mulai menjabat tahun depan akan memerlukan dukungan politik dari para pemimpin UE, dan potensi perubahan arah oleh Belanda dari sikap tradisionalnya yang ramah lingkungan dapat mempersulit upaya Eropa.

“Bagi investor yang yakin masa depan akan nol emisi, itu akan menjadi sinyal negatif. Bagi investor yang merasa terhambat oleh semua langkah kebijakan yang bertujuan mencapai nol emisi mereka mungkin akan merasa lega dalam jangka pendek,” kata Sandra Phlippen, Kepala Ekonom ABN Amro Bank NV tentang keberhasilan pemilu Wilders. Akan menjadi “menarik untuk diwaspadai” jika kebijakannya “diundurkan,” katanya.

Empat aktivis Greenpeace berkayak di kolam di depan kantor perdana menteri di Den Haag pada hari Kamis untuk memprotes hasil pemilu. Para aktivis membentangkan spanduk yang menyerukan “tidak ada penyangkal perubahan iklim sebagai perdana menteri kami.”

Hasil pemilu ini “menghancurkan iklim, alam dan manusia,” kata Andy Palmen, direktur Greenpeace Belanda. “Wilders menyangkal krisis iklim dan menyangkal ilmu pengetahuan, tidak dapat diterima jika dia menjadi perdana menteri kita berikutnya.”

Greenpeace menyerukan kepada pihak-pihak lain yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan untuk “mengambil tanggung jawab” dan mengatasi masalah iklim, kata Palmen. “Partai-partai populis sayap kanan sedang meningkat di Eropa, namun mereka tidak memiliki solusi terhadap tantangan serius yang kita hadapi sebagai umat manusia,” tambahnya.

Lanskap politik Belanda yang terfragmentasi membuat Wilders harus menghadapi serangkaian negosiasi panjang jika dia ingin menjadi perdana menteri negara tersebut. Wilders telah didekati oleh Gerakan Warga Petani, yang dikenal dengan inisial Belanda BBB, untuk kemungkinan berkolaborasi. Partai Tani direncanakan memiliki tujuh kursi di majelis rendah parlemen dan awal tahun ini menjadi partai terbesar di majelis tinggi.

Ketika Belanda berupaya mengekang dampak lingkungan dari pertanian, Belanda juga berjuang melawan kemarahan para petaninya. Tahun lalu, pemerintah berupaya mengurangi separuh emisi nitrogen pada tahun 2030, yang menyebabkan para petani menutup jalan raya sebagai bentuk protes. Rencana tersebut – yang dipermudah pada awal tahun ini – bertujuan untuk mengurangi sepertiga jumlah ternak karena sektor ini merupakan sumber utama emisi nitrogen.

BBB, yang dipimpin oleh politisi Caroline van der Plas, membuat pernyataan dengan membawa tujuh traktor ke Den Haag pada hari Jumat untuk mewakili tujuh kursi yang mereka miliki sekarang.

“Dukungan terhadap langkah-langkah iklim akan jauh lebih rendah di parlemen baru ini,” kata Kees Aarts, profesor lembaga politik dan perilaku di Universitas Groningen. “Penerapan langkah-langkah iklim akan tertunda dan itu berisiko. Ini adalah perkembangan yang sangat buruk.”