Logo Bloomberg Technoz

Lowongan CPNS 2024 Dibuka, Porsi Fresh Graduate Lebih Banyak

Dovana Hasiana
22 November 2023 14:49

Menkeu Sri Mulyani dan Menpan RB, Abdullah Azwar Anas saat konfrensi pers mengenai gaji ke 13 dan THR. (Tangkaan layar Youtube Kemeneku RI)
Menkeu Sri Mulyani dan Menpan RB, Abdullah Azwar Anas saat konfrensi pers mengenai gaji ke 13 dan THR. (Tangkaan layar Youtube Kemeneku RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas bertemu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (22/11/2023). 

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas soal anggaran rekrutmen aparat sipil negara (ASN). Anas menyampaikan rencana rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2024, dan mempertimbangkan untuk membuka lowongan bagi para calon pekerja yang baru lulus kuliah atau fresh graduated dengan jumlah lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Menanggapi rencana tersebut, Sri Mulyani meminta Anas untuk memetakan kebutuhan ASN, baik PNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun depan. 

"Jadi tadi kami sampaikan rencana rekrutmen pada 2024 yang masih akan dipetakan, terutama terkait yang fresh graduate, karena usulan menyelesaikan PPPK juga akan jalan. Tapi menampung fresh graduated sedang dikaji untuk jumlah yang lebih besar dibanding 2023 dan keuangannya nanti akan dihitung," papar Anas usai bertemu Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Sebelumnya, pemerintah dan DPR RI sepakat menerbitkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara atau dikenal dengan istilah UU ASN pada Oktober 2023.