Logo Bloomberg Technoz

Jaga Stok BBM & LPG Saat Nataru, Pertamina Siapkan Rp116,2 T

Sultan Ibnu Affan
21 November 2023 18:25

Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian
Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina (Persero) menyiapkan dana inventaris senilai US$7,5 miliar (sekitar Rp116,29 triliun), khusus untuk menjaga keamanan pasok bahan bakar minyak (BBM) dan  LPG selama Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan perseroan juga akan terus mengupayakan pengendalian konsumsi BBM dan LPG bersubsidi agar tepat sasaran dan tidak terboroskan untuk menjaga stok selama Nataru. 

“Untuk mengamankan nanti Nataru, kami pastikan rata-rata stok di kita adalah 21—26 hari dengan nilai idle money yang harus kami tahan di inventory sekitar US$7,5 miliar untuk menjaga keamanan pasokan. Kami pastikan Nataru akan berjalan dengan lancar,” ujarnya di sela rapat dengan Komisi VII DPR RI, Selasa (21/11/2023).

Nicke tidak menampik hingga akhir tahun ini kemungkinan akan terjadi kemungkinan overkuota untuk solar dan LPG bersubsidi, seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang makin membaik.

“Walau demikian, dari sisi anggaran sangat aman. Anggaran untuk LPG hanya terpakai sebagian, jadi masih ada sisa anggaran sehingga bisa digunakan untuk menambah anggaran tambahan kuota ini,” jelasnya.