Logo Bloomberg Technoz

Meskipun bank-bank telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan mereka memiliki cukup uang tunai menjelang pemilu, para eksekutif mengatakan kepada regulator melalui percakapan pribadi bahwa mereka mungkin memerlukan bantuan tambahan untuk memperkuat sistem tersebut.

"Besok akan menjadi hari di mana kita akan melihat trennya," kata Hans Humes, CEO Greylock Capital, dalam wawancara di Bloomberg Television.

Milei, seorang anggota kongres libertarian yang kurang dikenal hanya beberapa bulan yang lalu, berhasil memenangkan hati warga Argentina dan investor dengan menjanjikan perombakan ekonomi yang radikal. Sebuah proposal andalannya adalah untuk menghapus peso dan menggantinya dengan dolar Amerika Serikat (AS).

Meskipun detail dari rencana tersebut masih belum jelas, dia menganggapnya sebagai langkah yang jelas setelah nilai mata uang lokalnya merosot hingga 90% selama empat tahun terakhir, membuatnya kurang bernilai daripada "kotoran."

Tetapi masalahnya adalah bagaimana menjaga agar ekonomi tetap beroperasi selama masa transisi. Milei belum mengungkap langkah-langkah spesifik dan jangka waktu yang akan diambil selama peralihan tersebut, atau menjelaskan secara rinci bagaimana dia akan memangkas defisit anggaran negara yang sangat besar — sebuah langkah yang menyakitkan namun penting untuk membuat rencana tersebut berhasil — membuat warga Argentina hanya bisa menebak-nebak apa yang akan terjadi.

Negara ini telah membatasi penurunan harian mata uang peso-nya selama bertahun-tahun melalui kombinasi kontrol mata uang dan pembatasan impor yang telah mengubah berbagai nilai tukar.

Alih-alih memberikan petunjuk mengenai niatnya pada hari Senin, kantor Milei mengatakan dia tidak akan mengumumkan penunjukan kabinet apa pun hingga pelantikannya pada 10 Desember. Presiden terpilih mengumumkan rencana untuk segera mengunjungi Miami, New York, dan Israel dalam perjalanan yang memiliki "makna spiritual lebih dari karakteristik lainnya."

Dengan latar belakang tersebut, banyak warga Argentina akan melihat opsi yang paling tidak berisiko adalah dengan segera melikuidasi peso untuk membeli dolar secara ilegal di pasar gelap guna menghindari kontrol mata uang. Mereka khawatir nilai tukar akan memburuk jika mereka menunggu lebih lama. Bursa kripto online menunjukkan pelemahan peso setelah kemenangan Milei.

"Kita sedang bergerak menuju ke arah yang agak tidak diketahui," kata Alberto Ramos, kepala ekonom Amerika Latin di Goldman Sachs Group Inc.

Transisi yang Bergejolak

Mengganti peso dengan dolar bisa menyebabkan masalah serius bagi perekonomian. Proses yang kacau dapat memicu hiperinflasi dan transisi yang bergejolak ke penggunaan mata uang baru, yang dapat merugikan Milei dan gagasannya tentang perombakan ekonomi yang radikal bahkan sebelum hal tersebut dapat dilaksanakan. 

Hal ini akan mengecewakan para pendukungnya, yang menghargai diskusi blak-blakan politisi tersebut tentang penyakit yang melanda negara tersebut, yaitu ekonomi yang menuju resesi keenam dalam satu dekade, inflasi yang mencapai lebih dari 140%, dan tingkat kemiskinan yang naik menjadi 40%. Juga janji-janjinya untuk melakukan apa pun guna memperbaiki keadaan.

“Ada kemungkinan hal ini berhasil, tetapi ada banyak tantangannya,” kata Gorky Urquieta, salah satu kepala tim utang pasar negara-negara berkembang di Neuberger Berman. “Ini akan menjadi tindakan besar dengan banyak risiko dalam pelaksanaannya. Tapi menurut saya pasar akan memberinya ruang.”

Namun, pertama-tama, Argentina perlu melewati hari Selasa.

Devaluasi Tertunda

Para eksekutif bank tidak memperkirakan devaluasi besar-besaran terhadap nilai tukar resmi dalam beberapa hari mendatang. Namun sumber mengatakan , mereka khawatir tentang potensi kekacauan jika gelombang penarikan uang tunai terjadi, dan telah berkomunikasi dengan pejabat-pejabat bank sentral.

Untuk mengurangi tekanan pada selisih antara nilai tukar selama periode transisi dan memungkinkan lebih banyak dolar ekspor mengalir masuk, pembuat kebijakan setuju untuk membiarkan eksportir melikuidasi lebih banyak penjualan mereka di luar negeri dengan menggunakan nilai tukar blue-chip swap. Sumber yang sama menambahkan, bank sentral juga berencana untuk terus membeli obligasi pemerintah dalam peso di pasar sekunder untuk meredakan tekanan penjualan, sambil terus menerbitkan kontrak peso di pasar berjangka.

Mengenai kabar ini, juru bicara bank sentral Argentina menolak berkomentar.

Para pendukung rencana Milei untuk menghilangkan peso menunjukkan bahwa sebagian besar negara telah didolarisasi untuk sementara waktu. Banyak transaksi real estate dan impor mahal sudah dihargai dalam mata uang AS. Gagasan untuk secara resmi mengalihkan seluruh perekonomian mungkin tidak terlihat seradikal yang seharusnya.

"Kepercayaan terhadap mata uang lokal sangat rendah. Sudah terdapat dolarisasi informal dalam jumlah besar dalam perekonomian," kata Ramos dari Goldman Sachs. "Tapi itu hanyalah cerminan dari fakta bahwa hal-hal yang familiar belum memberikan manfaat yang baik baik negara."

(bbn)

No more pages