Logo Bloomberg Technoz

DPR Setujui Jokowi, Agus Subiyanto jadi Panglima TNI

Pramesti Regita Cindy
21 November 2023 12:05

Jenderal Agus Subiyanto menggantikan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI. (Dok. TNI)
Jenderal Agus Subiyanto menggantikan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI. (Dok. TNI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengangkat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI. Pengesahan ini berlangsung pada Rapat Paripurna ke-9 Persidangan II tahun 2023-2024.

"Apakah anggota dewan menyetujui Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI? Setuju," kata Ketua DPR, Puan Maharani sambil mengetok palu sidang dalam Rapat Paripurna, Selasa (21/11/2023). "Semoga bisa menjalankan tugas TNI dengan amanah."

Berdasarkan pengesahan ini, Jokowi bisa segera melantik Agus sebagai pengganti Laksamana Yudo Margono yang pensiun pada 26 November mendatang. Hal ini sekaligus membuat presiden harus segera menentukan satu perwira tinggi TNI Angkatan Darat untuk menjadi KSAD yang ditinggalkan Agus Subiyanto.

Pengajuan Agus sebagai calon tunggal Panglima TNI sebenarnya menjadi sorotan di tengah sejumlah tudingan kepada Jokowi yang cawe-cawe terlalu dalam pada Pemilu 2024. Sejumlah kebijakannya kemudian dipersoalkan dalam kaitan netralitasnya terutama usai putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka maju menjadi cawapres.

Keputusan Jokowi memilih Agus menjadi polemik karena baru saja dilantik menjadi KSAD pada 25 Oktober 2023. Kurang dari satu pekan, Jokowi mengajukan Agus ke DPR sebagai calon tunggal Panglima TNI, 30 Oktober 2023.