Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Targetkan Istana Kepresidenan IKN Rampung Agustus 2024

Krizia Putri Kinanti
24 February 2023 11:27

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo (Dok. Setkab)
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo (Dok. Setkab)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo optimistis  Istana Kepresidenan di kawasan Ibu Kota Nusantara akan siap digunakan untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI pada bulan Agustus 2024 mendatang.

“Kawasan Istana Kepresidenan ini yang saya optimistis tahun depan bulan Agustus insyaallah sudah bisa upacara di sini, kalau melihat landscape dan yang lain-lainnya, tadi saya sudah berbicara dengan perancangnya, pelaksana di lapangan, dengan para supervisi di lapangan, manajer di lapangan, optimistis insyaallah selesai,” ujarnya dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Jumat (24/2/2023).

Pada saat tinjauan langsung lokasi Istana Kepresidenan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Jokowi menyebut bahwa desain dari Istana Presiden akan sama seperti yang dirancang oleh seniman I Nyoman Nuarta. Meski demikian, akan tetap ada penyesuaian dengan kondisi di lapangan.

“Desain-nya sama, tapi juga nanti di lapangan ya mungkin sedikit-sedikit ada penyesuaian dengan kondisi lapangannya,” tuturnya

Ia juga menekankan bahwa Istana Presiden di IKN memiliki keistimewaan dibanding dengan istana lainnya yang sudah ada di Indonesia. Menurutnya, Istana Presiden di IKN adalah hasil karya anak bangsa.