Logo Bloomberg Technoz

Pras juga mengatakan, pembayaran menggunakan QRIS bisa digunakan di wilayah manapun di Singapura. Asalkan tenant atau penjual memang memiliki opsi pembayaran tersebut.

“Di Singapura bisa dipakai di mana aja, tapi sepertinya di tenant yang memang sudah memberikan opsi pembayaran QR NETS aja, dan itu sudah cukup banyak terutama kalau lokasinya di dalam mall,” tambahnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, selain di Singapura, implementasi Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS antarnegara sudah bisa digunakan di Malaysia dan Thailand.

Lalu, apa untung dan rugi yang diperoleh pengguna ketika bertransaksi memakai QRIS di luar negeri?

Chief Economist PT Bank Central Asia Tbk (BCA) David Sumual mengatakan penggunaan QRIS untuk bertransaksi di luar negeri membawa sejumlah keuntungan. Dari sisi proses, QRIS lebih memberi kenyamanan dalam bertransaksi dibanding penggunaan kartu kredit atau kartu debit. 

"Kalau kartu kredit titik persinggungannya lebih banyak, harus digesek atau taruh cip. memasukkan pin, tunggu konfirmasi, baru diterbitkan kertasnya. Proses transaksi QRIS relatif lebih cepat," ujar David Sumual kepada Bloomberg Technoz, Jumat (17/11/2023).

(spt)

No more pages