Logo Bloomberg Technoz

Luhut Dijenguk Utusan Biden John Kerry, Bahas Penanganan Iklim

Dovana Hasiana
18 November 2023 19:15

Luhut Pandjaitan. (Dok: Bloomberg)
Luhut Pandjaitan. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Singapura - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dirinya dijenguk oleh Utusan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Bidang Iklim, John Kerry. 

Luhut mengaku bingung saat Kerry menjenguk dirinya. Namun, dalam pertemuan di Singapura tempat Luhut dirawat itu Kerry sempat mengungkapkan penghormatan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tiga hari yang lalu misalnya, John Kerry datang jenguk saya di Singapura. Saya juga terus terang jujur nanya nih, saya siapa sih kok bisa sampai John Kerry minta betul supaya bisa ketemu saya? Tapi ujungnya adalah penghormatan mereka pada Presiden Jokowi yang bisa bernavigasi di tengah keadaan ekonomi dunia yang tidak baik seperti sekarang ini,” ujar Luhut dalam video yang diunggahnya di akun Instagram resminya, Sabtu (18/11/2023).

Dalam pertemuannya tersebut, Luhut juga mengatakan dirinya memberikan penjelasan pada Kerry perihal penanganan perubahan iklim yang dilakukan Indonesia, salah satunya dengan memanfaatkan rumput laut.

“Kita punya ya alam ini, memberikan depleted reservoir kita juga punya saline aquifer. Yang jumlahnya itu hampir atau lebih 400 giga ton. Itu yang bisa di-inject CO2 ke dalam nya,” ujar Luhut.