Logo Bloomberg Technoz

DPR Sebut Menantu Luhut Berpotensi jadi KSAD

Fransisco Rosarians Enga Geken
06 November 2023 08:50

Letjen TNI Maruli Simanjuntak (kanan) di peletakan batu pertama pembangunan Mess Pamen Kostrad di Sumur Batu, Jakarta (tni.mil.id)
Letjen TNI Maruli Simanjuntak (kanan) di peletakan batu pertama pembangunan Mess Pamen Kostrad di Sumur Batu, Jakarta (tni.mil.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Meutya Hafid mengatakan ada tiga nama perwira tinggi yang berpotensi menggantikan Jenderal Agus Subiyanto sebagai kepala staf angkatan darat (KSAD). Salah satunya adalah menantu Luhut Binsar Pandjaitan, Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak yang saat ini menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis AD (Pangkostrad).

"Ada beberapa nama. Pak Maruli salah satu yang kuat; terus kemudian ada Pak Suharyanto, kepala BNPB; dan Pak Nyoman Cantiasa," kata Meutya seperti dikutip dari laman DPR, Senin (6/11/2023).

Menurut dia, Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat akan memilih nama KSAD baru. Hal ini dilakukan usai DPR memberikan persetujuan terhadap Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang pensiun 26 November mendatang.

Politikus Partai Golkar tersebut memang tidak memberikan peringkat calon terkuat dari tiga nama yang muncul. Meski demikian, dia tak menampik menantu menteri koordinator bidang Maritim dan Investasi tersebut memiliki potensi paling kuat.

Toh, kata Meutya, pemilihan KSAD berbeda dengan panglima TNI yang harus melewati uji kelayakan dan kepatutan serta persetujuan DPR. Jokowi bisa langsung memilih nama KSAD sesuai dengan hak prerogratifnya.