Logo Bloomberg Technoz

Luhut Update Kondisi Kesehatan, Sudah Boleh Pegang Ponsel

Ghina Ghaliya Quddus
04 November 2023 11:00

Kondisi terkini kesehatan Luhut Binsar Pandjaitan di Singapura (Sumber: Tangkapan layar Instagram @luhut.pandjaitan)
Kondisi terkini kesehatan Luhut Binsar Pandjaitan di Singapura (Sumber: Tangkapan layar Instagram @luhut.pandjaitan)

Bloomberg Technoz, Singapura - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengabarkan kondisi terkini kesehatannya yang berangsur pulih di Singapura, di mana ia saat ini mendapatkan perawatan. Luhut mengaku sudah boleh memegang ponsel.

Luhut mengatakan terhitung sudah hampir satu bulan lebih dirinya berada di Singapura untuk menjalani proses pemulihan tubuh pasca sakit. Ia juga menjawab  pertanyaan yang muncul terkait mengapa ia berobat ke Singapura

“Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, di mana sayamendapat tindakan medis awal. Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura,” kata Luhut dalam postingan di Instagram @luhut.pandjaitan, Sabtu (04/11/2023).

Postingan itu disertai foto dirinya dijenguk oleh Presiden Joko Widodo. Luhut mengenakan pakaian abu-abu dengan rambut yang sudah dipangkas pendek.

Ia mengatakan pada hari-hari pertama di Singapura, ia hanya ditemani tim dokter, satu orang ajudan, serta istri dan anaknya. “Tidak ada tamu, tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab-semua harus lewat tangan ajudan,” katanya.