Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi RI Diproyeksi Tumbuh 5%-6% pada 2023 meski Global Volatil

Dinda Decembria
17 November 2023 18:00

Target Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Tahun Ini Bisa Gagal (Bloomberg Technoz)
Target Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Tahun Ini Bisa Gagal (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonomi Indonesia diprediksi akan melanjutkan pertumbuhan positif pada kisaran 5%-6% pada akhir 2023, meski di tengah ketidakpastian global. Namun, pertumbuhan ekonomi tahun depan diperkirakan melandai di level 5% saja. 

Chief Economist PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Banjaran Surya Indrastomo memperkirakan tingkat konsumsi rumah tangga di Indonesia masih tumbuh kuat. Salah satu pendorongnya, menurut dia, adalah aktivitas Pemilu yang memutar roda perekonomian karena meningkatkan belanja domestik signifikan.

"Tingkat konsumsi 2024 diprediksi masih bertahan tinggi, dengan kondisi suplai dari manufaktur yang konsisten berada di zona ekspansif, yakni PMI Manufacture >50. Hal ini menandakan keyakinan konsumen yang terjaga," kata Banjaran, Jumat (17/11/2023).

Dia memprediksi seluruh lapangan usaha tumbuh positif pada 2024, didorong oleh kuatnya konsumsi rumah tangga. BSI pun optimistis perbankan nasional dapat mencapai pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) 7,65% dalam perhitungan tahunan, dengan pertumbuhsn pembiayaan 8,39% hingga akhir tahun ini.

Sedangkan tahun depan, perbankan nasional diprediksi akan tumbuh sebesar 8%-10% untuk DPK, dan 9%-11% untuk pembiayaan.