Logo Bloomberg Technoz

Profil Bank Commonwealth yang Diakuisisi OCBC Indonesia

Rosmayanti
16 November 2023 19:50

Penanda di luar cabang Commonwealth Bank of Australia (CBA) di Sydney, Australia, Jumat (58/2022). (Brent Lewin/Bloomberg)
Penanda di luar cabang Commonwealth Bank of Australia (CBA) di Sydney, Australia, Jumat (58/2022). (Brent Lewin/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Commonwealth baru saja diakuisisi oleh PT Bank OCBC NISP Tbk hari ini, Kamis (16/11/2023). Akuisisi dilakukan dengan membeli 99% saham perusahaan yang digenggam Commonwealth Bank of Australia (CBA) dengan nilai transaksi mencapai A$220 juta atau setara Rp2,22 triliun. 

Lantas bagaimana apa profil Bank Commonwealth?

Sebelum diakuisisi OCBC NISP, Bank Commonwealth adalah anak perusahaan dari CBA berbasis di Sydney, Australia yang merupakan institusi keuangan publik terbesar di Australia yang terdaftar pada Australian Securities Exchange (ASX).

Bank Commonwealth fokus pada segmen retail dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Bank yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan, serta menjadi penyedia layanan wealth management, dengan menawarkan solusi keuangan.

Melansir laman Bank Commonwealth, Kamis (16/11/2023), di Indonesia, kehadiran CBA ditandai dengan pembukaan kantor perwakilannya pada 1992. Kemudian, pada 1997, CBA mendirikan perusahaan patungan untuk menyediakan layanan perbankan korporasi bagi entitas bisnis Indonesia yang selanjutnya menjadi Bank Commonwealth, dengan CBA sebagai pemegang saham mayoritas pada 2000.