Logo Bloomberg Technoz

MRT Jakarta Rute Bundaran HI - Kota Ditargetkan Rampung 2029

Rezha Hadyan
24 February 2023 13:28

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat.(Bloomberg Technoz/ Rezha Hadyan)
Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat.(Bloomberg Technoz/ Rezha Hadyan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Jalur MRT Jakarta fase 2A Bundaran Hotel Indonesia (HI) - Kota ditargetkan dapat beroperasi sepenuhnya paling lambat pada 2029.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat menyebut jalur MRT Jakarta fase 2A sepanjang 5,8 km saat ini masih dalam proses konstruksi. Nantinya, jalur tersebut akan tersambung dengan jalur MRT Jakarta fase 1 Lebak Bulus-Bundaran HI yang sudah beroperasi sejak 2019.

"Ini kami terus berprogres, saya berharap ini 2028 atau 2029 itu selesai, sampai Kota itu sudah operasi," katanya dalam Forum Jurnalis MRT Jakarta Februari 2023 di Jakarta, Kamis (24/2/2023).

Tuhiyat mengungkapkan perseroan saat ini juga sedang mempersiapkan pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2B Kota-Ancol Barat. Apabila fase tersebut rampung, maka tuntas sudah keseluruhan pembangunan jalur MRT Jakarta Utara-Selatan atau North-South Line.

"Itu kami lakukan [pembangunannya secara] paralel sampai dengan Ancol selesai di sana. Harusnya tidak melebihi 2032 [operasionalnya]," ungkapnya.