Logo Bloomberg Technoz

Progres MRT Thamrin-Harmoni Baru Selesai 51%

Rezha Hadyan
14 February 2023 15:15

Jakarta (Dok Unsplash)
Jakarta (Dok Unsplash)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pembangunan paket kontrak atau CP 201 (Stasiun Thamrin—Stasiun Monas) dari fase 2A proyek MRT Jakarta telah mencapai 51% atau berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

PT MRT Jakarta (Perseroda) menyatakan pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran base slab ventilation tower, pemasangan ventilasi terowongan (OTE duct) dan kolom stasiun, pengecoran roof slab gardu induk, dan persiapan shaft box jacking entrance 1 stasiun di Jalan Museum. 

Sementara itu, di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi pekerjaan penggalian dan pengecoran panel langit-langit (roof slab) pada sisi selatan stasiun, pembangunan dinding sisi utara stasiun, dan pekerjaan perbaikan struktur tanah (jet grouting) sisi selatan dan utara stasiun. 

Mesin bor terowongan 1 (TBM-1) juga berhasil membangun terowongan northbound dari Stasiun Thamrin menuju Stasiun Bundaran HI sepanjang 395 meter dari total 562 meter.

"Sedangkan mesin bor terowongan 2 (TBM-2) telah menyelesaikan pembangunan dua terowongan antara Stasiun Thamrin dan Bundaran HI. Saat ini, TBM-2 sedang dalam persiapan pengeboran terowongan dari Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni," tulis MRT Jakarta dalam siaran pers yang dilansir, Selasa (14/02/2023).