Logo Bloomberg Technoz

Respons Vale Soal Pengumuman Lepas Saham 14% ke MIND ID

Sultan Ibnu Affan
10 November 2023 17:30

Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)
Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Vale Indonesia Tbk (INCO) angkat bicara soal pengumuman pemerintah bahwa divestasi saham perseroan kepada PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) telah resmi disepakati sebesar 14%.

Head of Corporate Communication Vale Indonesia Bayu Adji mengatakan perusahaan menyerahkan sepenuhnya finalisasi proses divestasi sahamnya sebesar 14% ke holding badan usaha milik negara (BUMN) sektor pertambangan, yang sebelumnya sudah mengantongi porsi sebesar 20% di INCO.

“Yang menyerahkan [kesepakatan] itu shareholders [pemegang saham], bukan dari PT Vale Indonesia. Jadi kami tidak bisa menyampaikan [bersikap] tentang ini,” ujarnya singkat saat dimintai konfirmasi ihwal kesepakatan divestasi tersebut, Jumat (10/11/2023).

Di tempat terpisah, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengonfirmasi finalisasi divestasi saham Vale sudah tinggal sejengkal lagi. Secara prinsip, pemerintah juga sudah menyetujuan perpanjangan kontrak karya INCO.

“Tetapi teknisnya termasuk di dalamnya adalah penambahan [saham pemerintah di Vale menjadi total] 34%. Kan saham publiknya sekarang 20% sudah di-listed di publik. Jadi kemungkinan BUMN akan mendapat [total porsi] 34%, jadi kalau diakumulasikan itu sama dengan 54%,” ujarnya di Istana Kepresidenan, hari ini.