Logo Bloomberg Technoz

Arab Saudi Masih Berupaya Normalisasi Hubungan dengan Israel

News
08 November 2023 11:45

Bendera Arab Saudi berkibar di kota Buraidah, Arab Saudi (Tasneem Alsultan/Bloomberg)
Bendera Arab Saudi berkibar di kota Buraidah, Arab Saudi (Tasneem Alsultan/Bloomberg)

Malcolm Scott - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Al-Falih mengatakan pembicaraan untuk menormalisasi hubungan dengan Israel masih berjalan tetapi sejak awal memang mensyaratkan untuk resolusi damai pada isu Palestina.

"Itu masih berjalan - masih terbuka dan memang masalah yang terjadi dalam sebulan terakhir ini menjawab pertanyaan kenapa Arab Saudi bersikeras bahwa resolusi konflik Palestina harus menjadi bagian dari normalisasi yang lebih luas di Timur Tengah," kata Al-Falih dalam Bloomberg New Economy Forum di Singapura. 

Ketika ditanya apakah Arab Saudi akan mempergunakan kemampuan ekonominya, seperti harga minyak, agar tercipta gencatan senjata, Al-Falih merespons dengan tertawa dan mengatakan: "Itu tidak terpikirkan saat ini. Arab Saudi mencoba mencari perdamaian melalui cara-cara damai."

Al-Falih mencatat bahwa sangat disayangkan Bloomberg New Economy Forum tahun ini dilaksankan di saat krisis memuncak. Dia mengatakan bahwa Arab Saudi prihatin dengan jumlah korban manusia di Gaza dan juga Israel akibat serangan 7 Oktober lalu.